Angka Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Menurun

233 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Gunungkidul mengalami penurunan disetiap tahunnya.

Tercatat, tahun 2016 ada 67 kasus yang ditangani, tahun 2017 ada 41 kasus, dan 2018 hingga Agustus ini ada 17 kasus.

Kendati demikian, Kepala Dinas Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gunungkidul, Sujoko mengatakan, angka tersebut belum bisa mebggambarkan kondisi riil di masyarakat.

“Itu angka yang kami tangani tetapi kemungkinan masih banyak masyarakat yang enggan melaporkan,” kata Sujoko, Rabu, (1/8).

Menurut Sujoko, masyarakat masih enggan melapor karena adanya pola pikir bahwa kekerasan terhadap perempuan maupun anak adalah aib keluarga yang tidak boleh diketahui orang lain.

Selain itu, adanya ancaman dari pelaku kekerasan terhadap korban sehingga membuat korban kekerasan enggan melapor.

“Kami telah melakukan sosialisasi terkait dengan kekerasan terhadap perempuan dan anak,” jelasnya.

Sosialisasi dilakukan untuk merubah mind set privat kasus menjadi publik kasus, yang bisa menjadi pembelajaran kepada masyarakat umum agar sang pelaku jera.

“Jika masyarakat tidak melapor maka sang pelaku merasa mempunyai power dan akan melakukan hal yang sama kembali,” katanya.

Sujoko menambahkan, dalam mengatasi kekerasan terhadap perempuan dan anak pihaknya tidak berjalan sendiri tetapi menggandeng pihak lain. Dalam hal ini adalah Polres Gunungkidul dalam penanganan kasus. Selain itu juga ada beberapa LSM dan rumah sakit yang dilibatkan.

“Pihak-pihak tersebut bersama membentuk forum koordinasi penanganan korban kekerasan,”pungkasnya. (Santi)

 

Related Post