Animo Masyarakat Tinggi Ikuti Serbuan Vakinasi Covid-19 

  • Share

GunungkidulPost – PLAYEN – Upaya percepatan vaksinasi nasional terus dilakukan di Wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Kali ini, TNI Angkatan Udara menggelar vaksinasi massal Covid-19 kepada masyarakat di Lapangan Terbang Gading, Playen, Gunungkidul. Mereka menyediakan lebih dari 10 ribu dosis vaksin yang akan dibagi menjadi empat hari pelaksanaan.

“Serbuan vaksinasi ini kami lakukan selama empat hari. Rata-rata sekitar 2.500 per hari,” kata Kolonel Pnb Sukarno (Kadisops Lanud Adisucipto) saat ditemui Wartawan disela acara.

Menurut dia, Pelaksanaan Vaksinasi dihari pertama Rabu (25/8) kemarin anomo masyarakat cukup tinggi, terbukti dilihat dari jumlah yang hadir mencapai hampir 2.900 orang.

“Animo masyarakat cukup tinggi. Kami berharap capaian untuk tiga hari kedepan bisa melampaui target,” ujarnya.

Ia menuturkan, jenis vaksin yang digunakan adalah sinovac yang didapat dari Puskes TNI melalui Kementerian Kesehatan yang didistribusikan melalui Dinas Kesehatan DIY.

“Selama Serbuan Vaksinasi ini berlangsung kami juga membuka layanan jemput bola. Jadi bagi warga maupun murid yang bertempat tinggal jauh dari lokasi yang tidak memiliki kendaraan akan kami lakukan antar jemput,” imbuhnya.

Pelaksanaan vaksinasi dengan target 10 ribu peserta tersebut di tinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. Kamis, (26/8/2021).

Hadi dalam acara itu pula, Bupati Gunungkidul H.Sunaryanta bersama jajaran Forkopimda Ketua DPRD Endah Subekti Kuntariningsih, SE, Komandan Kodim 0730/GK Letkol. Kav Anton Wahyudo, Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri Wonosari, Kajari serta Asisten I Drs.Sigit Purwanto, Kepala BPBD dan pejabat lain.

Dalam kesempatan tersebut, Kasau Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. berpesan, agar selalu menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan. Dia berharap, agar warga tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah.

Pihaknya juga meninjau ruangan Medical Intensive Care Unit (MICU) dan tempat observasi pasca warga melaksanakan vaksinasi.

Selain itu, ia juga menyerahkan secara simbolis, bantuan paket sembako kepada warga masyarakat yang berdomisili di daerah tersebut, sekaligus melepas keberangkatan 5 truk TNI AU yang membawa 3.000 paket sembako bagi warga di dua wilayah, yaitu Gunung Kidul dan Kulonprogo.

Saat peninjauan serbuan vaksinasi ini, Kasau yang turut didampingi oleh sejumlah pejabat utama TNI AU tersebut, turut menyaksikan penerjunan puluhan hely box dari pesawat Cassa NC 212 A-2109 Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang yang membawa masker dan hand sanitizer yang diberikan kepada warga masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Gunungkidul H.Sunaryanta mengucapkan terimakasih atas dukungan dan pelaksanaan vaksinasi dari TNI AU sebagai upaya percepatan vaksinasi, karena sampai saat ini Kabupaten Gunungkidul masih diangka capaian 40% lebih, sehingga masih perlu dukungan sehingga harapanya dengan percepatan vaksin ini akan terwujud kesehatan masyarakat.

“Yang terpenting adalah kesehatan, bagaimana masyarakat tetap sehat” tegas Bupati.

Terpisah, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, sangat mengapresiasi langkah TNI dalam ikut membantu menyukseskan program pemerintah yakni mencanangkan vaksinasi.

“TNI dan Polri bersinergi untuk melakukan vaksinasi diberbagai pelosok daerah bahkan program ini juga ada layanan jemput bola. Nah ini tentu kami sangat berterima kasih dan terus mendorong agar capaian vakinasi dapat berjalan lancar,” ungkap Endah. (Byu)

  • Share