Antisipasi Klitih, Dinas Keluarkan Kebijakan

233 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul mengeluarkan kebijakan untuk peningkatan kewaspadaan terhadap pelaku aksi kejahatan dijalan/Klitih.

Kepala Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid mengatakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah akan lebih diintensifkan. Hal itu guna menekan kegiatan diluar kesibukan disekolah yang bisa memicu terjadinya Klitih.

“Kami himbau para pelajar di sekolah  untuk mengikuti berbagai kegiatan tersebut, seperti Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), dan sebagainya,” jelas Bahron dihubungi pada Kamis (13/02/2020) kemarin.

Bahron menuturkan, keterlibatan pelajar dalam ekstrakurikuler agar energi mereka bisa tersalurkan secara positif. Kegiatan tersebut juga dianggap mampu mengembangkan potensi mereka.

“Dengan adanya kegiatan positif akan menangkal hal negatif seperti aksi Klitih dijalanan,” ucapnya.

Pihak sekolah pun sudah diminta untuk berkoordinasi dengan para orang tua dan masyarakat, agar memantau perilaku remaja.

“Dengan cara pendekatan akan mampu mengayomi siswa,” imbuhnya.

Bahron menambahkan, sekecil apa pun perilaku mereka harus diwaspadai namun juga diarahkan agar bisa lebih baik.

“Jangan sampai para pelajar ini terlalu banyak waktu senggang yang bisa memicu hal negatit,” tandasnya.

Sebelumnya jajaran Kepolisian Resort Gunungkidul terus melakukan patroli dan pemantauan agar pelaku kejahatan jalanan tidak masuk ke wilayah Gunungkidul.

“Kita adakan Patroli terutama dilakukan di Kecamatan Patuk, Panggang, dan Purwosari. Ketiga wilayah ini merupakan pintu masuk menuju Kabupaten Gunungkidul,” tutup Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan. (Red)

Related Post