Antisipasi Permainan Harga Tanah, Pemkab Siapkan ‘Land Banking’

354 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Guna mengantisipasi praktek penjualan tanah oleh oknum yang tidak masuk akal, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul siapkan meluncurkan program land banking.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, drh Krisna Berlian mengatakan, praktek penjualan tanah dengan harga yang tak masuk akal marak terjadi. Oleh sebab itu, pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan meluncurkan program land banking.

“Untuk mengatasi oknum-oknum warga sekitar tempat pariwisata mempermainkan harga tanah kami dalam rapat tadi akan mengantisipasi dengan program land banking, garis besar land banking adalah nantinya pemerintah daerah akan menyediakan tanah untuk investor bisa dengan sewa atau menjualnya,” katanya saat ditemui di Bangsal Sewoko Projo, Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, oknum yang mempermainkan harga tanah akan menyulitkan investor yang akan masuk ke daerah-daerah wisata di Kabupaten Gunungkidul.

Ia menegaskan, sektor pariwisata juga perlu dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“OPD akan ikut mendukung mendorong Dinas Pariwisata sehingga visi misi di bidang pariwisata dapat terpenuhi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan diperlukan program-program inovatif agar taraf hidup masyarakat Gunungkidul lebih maju, serta mengoptimalkan pariwisata maju 2019. Pihaknya pun siap membuka peluang besar bagi investor yang akan masuk ke Gunungkidul.

“Pariwisata di Gunungkidul haris dapat sebagai industri dan dapat mensejahterakan masyarakat,” tutupnya. (Bayu)

Related Post