Atasi Kekeringan Belasan Desa Terima Bantuan Pamsimas

162 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 17 desa di Gunungkidul akan mendapatkan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari Pemkab Gunungkidul.

Program tersebut menyirap anggaran sebesar Rp5,7 miliar.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Agus Subaryanto, mengatakan program pamsimas merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan sejak beberapa tahun lalu. Menurut dia, untuk tahun ini ada 17 desa yang mendapatkan bantuan untuk membangun fasilitas penyediaan air dan sarana sanitasi lingkungan.

“Mudah-mudahan program berjalan dengan lancar sehingga keberadaannya bisa membantu masyarakat,” kata Agus kepada wartawan, Rabu (26/2/2020).

Menurut Agus, pembangunan program tersebut dialokasikan anggaran Rp5,7 miliar. Masing-masing desa tidak sama karena disesuaikan dengan sumber mata anggaran yang dimiliki.

Untuk desa yang mendapatkan program pamsimas dari DAK meliputi Giriharjo, Giritirto, Purwodadi, Jatiayu, Karangmojo dan Pengkol.

Program pamsimas reguler tahun ini sebanyak 11 desa yang masing-masing  akan mendapatkan alokasi sebesar Rp245 juta.

Sedangkan enam desa yang mendapatkan bantuan dari dana alokasi khusus (DAK) masing-masing mendapatkan anggaran Rp333 juta hingga Rp 761 juta. (Red)

Related Post