Awal Tahun TPAS Wukirsari Diprediksi Penuh

170 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Awal tahun 2020 Tempat Pengolahan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari di Desa Beleharjo, Wonosari diprediksi akan penuh. Hal itu seiring dengan terus bertambahnya volume sampah yang ada wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul melakukan pengkajian terhadap volume sampah tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, setiap harinya sampah yang masuk ke TPAS Wukirsari sebanyak 365 ton dengan jumlah tersebut membuat kapasitas TPAS Wukirsari menjadi berkurang

“Dari intensitas pembuangan ini pun berdampak terhadap daya tampung karena sudah mendekati ambang batas maksimal. Prediksi terbaru hanya sanggup bertahan hingga awal tahun depan,” kata Agus, Selasa (11/5/2019).

Agus menuturkan, TPAS Wukirsari memiliki luas lahan 9 hektare. Namun baru dimanfaatkan seluas 5 hektare sehingga jika membutuhkan perluasan lahan tidak menjadi persolan.

“Lahan TPAS masih bisa diperluas lagi sehingga usia bisa lebih panjang,” ungkapnya.

Dirinya telah berkomunikasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk segera dilakukan perluasan, sehingga jika perluasan segera dilakukan sampah tidak menjadi masalah ke depannya

“Sudah kami komunikasikan dengan jajaran OPD dan segera akan kami bahas lebih detail,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul, Sri Suhartanto mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi terait dengan kondisi TPAS Wukirsari.

“Sudah ada pembicaraan untuk penambahan area luasan sehingga bisa menambah daya tampung,” tutupnya. (*)

 

Related Post