Belasan Propinsi Ikuti Gelaran Sirkuit Nasional Voli Pantai Seri 1

  • Share

Gunungkidulpost.com – TANJUNGSARI – Sebanyak 17 Propinsi mengikuti Gelaran Sirkuit Nasional Voli Pantai Seri 1 yang dihelat di Pantai Sepanjang, Tanjungsari, Gunungkidul, Senin (20/6/2022).

Ketua Panitia Pelaksanaan Kejuaraan Voli Pantai Nasional 2022, Danang Anggoro, mengatakan hingga pendaftaran ditutup total ada 30 tim putra dan 30 tim putri yang mendaftar. Sehingga event yang sedianya akan dihelat mulai 22-26 Juni 2022 mengambil tambahan 1 hari.

“Harus kita lakukan kualifikasi untuk menentukan tim yang akan masuk dalam babak selanjutnya,” ungkap Danang.

Pihaknya juga mengatakan, berlangsungnya Sirkuit Nasional Voli Pantai Seri 1 tidak lepas dari kerjasama yang apik dadi Pemkab Gunungkidul, BPVSI DIY, Koni dan Ganevo sebagai penyelenggara serta Dinas Pemuda dan Olahraga Gunungkidul.

Dia berharap gelaran ini mampu menjadi magnet wisatawan seperti penyelenggaraan Voli Pantai Asia Pasifik 2015 silam. Dimana Indonesia mampu berbicara banyak menjadi runner up setelah dikalahkan oleh Australia pada babak Final.

“Semoga tahun depan ada event Sirkuit Nasional Kedua yang lebih baik lagi yang akan kita gelar di Pantai Sepanjang ini,” paparnya.

Wakil Ketua Umum Pengurus Daerah PBVSI DIY, Dr. Suhadi, MPd mengatakan selain prestasi gelaran ini diharapkan akan menjaring bibit atlet voli pantai nasional. Hal ini tentu saja akan menambah jumlah atlet yang mampu berlaga dikelas internasional yang mengharumkan nama Indonesia.

“Kemeriahan yang luar biasa ini harapannya mampu berdampak pada banyak sektor tidak hanya prestasi , bibit atlet berprestasi tapi juga kunjungan wisata,” jelasnya.

Terpisah Wakil Ketua II, Koni DIY Ir. Pramana menyampaikan, banyak kegiatan olahraga berkelas nasional yang dihelat di Yogyakarta. Kegiatan ini berdampak sangat banyak bagi wisatawan. Selain itu gelaran Sirkuit Nasional Voli Pantai Seri 1 dapat menjadi wadah pembinaan atlet Prapon 2022.

“Yang jelas akan terasa adalah dampak perekonomian, UMKM. Semoga kegiatan ini berjalan lancar. Saya sudah mendapat bocoran akan ada satu lagi event besar yang akan dihelat ditempat ini,” paparnya.

Sementara Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan kegiatan ini tidak akan terselenggara dengan baik tanpa sinergi dan komunikasi yang bagus dengan banyak pihak. Momentum ini diharapkan akan membuka ruang ekonomi percepatan pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul.

“Sinergitas baik swasta pemerintah yang harus kita jaga. Kita semua berharap di level 1 kegiatan apapun akan mampu menjadi penopang perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, SE mengapresiasi adanya event bola voli pantai tingkat nasional. Ia berharap, kegiatan ini selain mendongkrak prestasi dalam bidang olahraga juga mampu meningkatkan kunjungan pariwisata ke Gunungkidul.

“Sangat kami apresiasi dan kami dukung, semoga ini menjadi awal kebangkitan kita dalam menyelenggarakan event ditingkat nasional pasca Pandemi,” ungkap Endah.

Pembukaan Sirkuit Nasional Voli Pantai Seri 1 ditandi dengan penyerahan bola dari Bupati Gunungkidul kepada ketua panitia.Pada kesempatan tsb juga dilakukan pen galungan bunga oleh Bupati Gunungkidul sebagai bentuk penghargaan kepada atlet yg mengharumkan nama Indonesia dan memperoleh medali emas di ajang sea games ke 6, penghargaan tsb diberikan kepada Slamet Mulyanto (live Achivement, Ade Candra Rachmawan, atlet pemeroleh medali emas sea games, dan Muhammad Asyifa juga pemeroleh medali emas Sea Games. (Byu)

  • Share
Exit mobile version