Berani Langgar Aturan, Bupati Ancam Kades Tegalrejo

129 views
 

Gunungkidulpost.com – Gedangsari –
Bupati Gunungkidul, Badingah, melantik Kepala Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kamis (23/1/2020) siang. Meski pelaksanaan pemilihan dilakukan serentak di 56 desa, pelantikan di Tegalrejo tidak dilakukan bersama-sama karena pelantikan disesuaikan dengan masa berakhirnya jabatan kades lama.

“Pelantikan kades terpilih hasil Pilkades Serentak 2019 dilaksanakan 31 Desember 2019. Untuk Tegalrejo, pelantikan digelar terpisah karena masa jabatan kades lama baru berakhir  hari ini,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perlindungan Perempuan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Muhammad Farkhan, Kamis (23/1/2019).

Sementara itu, Bupati Gunungkidul berpesan kepada kepala desa terlantik Suparman untuk bekerja secara cermat dan profesional. Sehingga kedetan mampu menjalankan roda pemerintahan di Desa Tegalrejo.

“Saya berpesan untuk Pak Kades lebih berhati-hati mengelola dana desa kamena bisa terjerumus ke penyimpangan anggaran jika salah langkah,” ujarnya.

Badingah menuturkan, selain berhati-hati dalam pengelolaan anggaran wajib menjaga netralitas. Sehingga tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan yang bersifat politik maupun partai.

“Kades dilarang terlibat kegiatan parpol dan wajib mengutamakan netralitas. Jika dilanggar akan dikenakan pidana 1 tahun dan denda 12 juta,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengucapkan selamat kepada kepala desa terlantik. Semoga kedepan mampu mengemban tugas dengan baik dan amanah serta mampu menahkodai desa Tegalrejo.

“Selamat kepada Pak Kades yang telah dilantik semoga amanah dan bekerja demi kemajuan desa Tegalrejo,” ujar Endah.

Pilkades di Desa Tegalrejo diikuti oleh lima calon. Dalam pemilihan, calon petahana, Sugiman, kalah dan harus menyerahkan jabatan ke calon lainnya yakni Suparman. (Red)

 

Related Post