BPBD Akan Bangun Jembatan Dan Sekolah Terdampak Badai Cempaka

230 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul akan Melaksanakan program rehabilitasi dan rekonstruksi tiga jembatan dan satu sekolah SMP N 3 Saptosari.

Hal itu dilakukan lantaran Terdampak terjangan Badai Cempaka yang menerjang di akhir 2017 lalu.

Adapun jembatan yang akan dibangun meliputi Jembatan Jelok di Desa Beji, Kecamatan Patuk serta Jembatan Teleng dan Jeruklegi di Desa Katongan, Kecamatan Nglipar.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, mengatakan Total untuk membangun jembatan ini BPBD mengalokasikan anggaran sekitar Rp32 miliar.

“Untuk rehabilitasi dan rekonstruksi akibat dampak dari Badai Cempaka Pemkab mendapatkan dana hibah dari BNPB sekitar Rp75 miliar,” katanya, Selasa (18/2/2020).

Upaya perbaikan menggunakan dana hibah sudah dimulai tahun lalu dengan pembuatan talud di TPAS Wukirsari hingga perbaikan dan relokasi rumah warga. Sementara itu, Program rehabilitasi dilanjutkan dengan membangun tiga jembatan dan merelokasi SMP Negeri 3 Saptosari.

“Untuk pembangunan jembatan BPBD menyiapkan pagu anggaran Rp32 miliar. Adapun rinciannya Jembatan Teleng dengan anggaran Rp8 miliar, Jembatan Jelok dan Jeruklegi, masing-masing Rp12 miliar,” tutupnya. (Red)

Related Post