Cetak Plat Nomor Hanya Butuh Waktu 5 Menit

1588 views

Polisi Menunjukkan Alat Cetak Plat Nomor Yang Canggih dan Cepat. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Proses cetak Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor kendaraan di kantor Samsat Gunungkidul hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit saja.


Pencetakkan plat nomor tersebut dilakukan sesuai dengan proses yang dibutuhkan,  seperti perpanjangan lima tahunan dan balik nama dan mutasi serta kendaraan baru. “Proses cetak plat nomor paling cepat, hanya lima menit sudah selesai,” kata Kanit Regiden, Iptu Jarwanto saat ditemui Gunungkidulpost.com, Rabu (22/3/2017).

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono mengatakan, selama satu hari Samsat telah berhasil mencetak dan mengeluarkan plat nomor kendaraan bermotor sebanyak 200 pasang plat nomor. Ia menjelaskan cetak TNKB lebih di dominasi oleh kendaraan roda dua. Sedangkan sisanya merupakan pencetakan plat untuk  pengesahan STNK dan mutasi kendaraan dari luar daerah ke Gunungkidul.“Perhari rata-rata kami mampu mencetak 200 plat nomor,” ucapnya.

Namun demikian, ujar Samiyono selama ini pihaknya tidak pernah mengalami  kehabisan stok plat. Saat ini jumlah stok plat kosong R2 telah tersedia. Pihaknya mengimbau kepada wajib pajak agar pemasangan plat di kendaraan dilakukan dengan benar dan kokoh, sehingga plat tidak rusak dan hilang.

“Stok plat yang masih tersisa semuanya dalam kondisi bagus dan tidak ada yang rusak. Jumlah itu cukup untuk persediaan selama beberapa bulan kedepan,” terangnya. (Bayu)

Related Post