Dampak Kemajuan Teknologi Jadi Perhatian Khusus Dunia Pendidikan

239 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Berkembangnya teknologi di era globalisasi menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Gunungkidul.

Hal itu karena dirasa sangat mempengaruhi pendidikan dan kehidupan anak sekolah saat ini.

“Pesatnya perkembangan teknologi dan terlalu mudahnya informasi diterima tidak hanya memberi dampak positif, tetapi juga dampak negative bagi anak sekolah. Oleh karenanya harus ada perhatian khusus mendampingi pendidikan anak di moment Hari Pendidikan Nasional saat ini,” kata Sekretaris Daerah (Sekda), Gunungkidul, Drajad Ruswandono.

Menurut dia, mudahnya akses teknologi
jika tidak diimbangi literasi yang baik akan berdampak negative ke anak.

Untuk itu, Guru dan orangtua diharapkan juga harus ada pemahaman menyikapi media karena sikap antisosial emosional saling tuding berawal dari informasi yang salah.

Drajat mengaku selama ini telah mengkomunikasikan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Gunungkidul untuk membuat MOU dengan Universitas untuk komunikasi dan sharing

“Kami harap Disdikpora segera membuat MOU terkait teknologi yang harus disikapi di dunia pendidikan,” ujarnya usai mengikuti upacara hari pendidikan nasional (Hardiknas), di alun-alun Wonosari, Rabu (2/5/2018).

Sementara itu Kepala Disdikpora, Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan Hardiknas ini dimaknai untuk meneguhkan kembali fungsi pendidikan.

Untuk mewujudkan cita-cita itu menurutnya tidak hanya dari sisi siswa, tetapi juga guru, pengawas harus diteguhkan kembali untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

“Kami memaknai Hardiknas kali ini untuk meneguhkan kembali pendidikan, untuk membawa masyarakat cerdas berbuday, mandiri dan sejahtera, terlebih saat ini tengah mendukung visi misi Bupati,” tutup Bahron. (Bayu Prihartanto)

 

Related Post