Dampak PPKM Jumlah Kematian Akibat Covid-19 Menurun

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Pemerintah telah resmi melakukan perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mulai Selasa (10/08/2021).

PPKM level 4 saat ini sudah menjadi perpanjangan yang ketiga kalinya.

Penerapan PPKM Level 4 yang sudah lebih dari sebulan terakhir tampaknya mulai berpengaruh pada dinamika kasus COVID-19 di Gunungkidul.

Berdasarkan laporan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Dewi Irawaty bahwa Senin kemarin dilaporkan 7 kasus meninggal dunia karena COVID-19.

Angka ini termasuk yang paling rendah sepanjang penerapan PPKM.

“Total keseluruhan hari kemarin ada 102, termasuk dengan yang meninggal dunia. Kasus sembuh ada 132,” kata Dewi, Selasa (10/8/2021).

Menurut dia, selama periode 3-9 Agustus ini, Gunungkidul mencatatkan 1.055 kasus baru konfirmasi positif.

Rata-rata per hari tercatat lebih dari 100 kasus baru, dengan angka terendah 95 kasus pada Minggu (08/08/2021).

Sementara untuk kematian tercatat sebanyak 82 kasus, di mana rata-rata per harinya masih lebih dari 10 kasus kematian. Namun sempat tercatat 8 kasus kematian pada 4 Agustus dan 7 kasus pada hari ini.

Pada periode yang sama, sebanyak 1.258 kasus sudah dinyatakan sembuh. Rata-rata hariannya mencapai 150 kasus sembuh, di mana paling banyak dilaporkan kemarin dengan 218 kasus sembuh.

“Hingga hari ini Gunungkidul mencatatkan 15.640 kasus konfirmasi positif COVID-19 secara kumulatif,” kata Dewi.

Secara rinci, masih ada sebanyak 1.828 kasus aktif yang sedang dirawat dan isolasi mandiri (isoman). Total meninggal dunia mencapai 859 kasus, dan angka sembuh sudah sebanyak 15.640 kasus.

Terkait dengan stok vaksin Covid-19, Dewi mengaku saat ini persediaan yang ada di gudang milik Dinas Kesehatan sudah terisi kembali.

“Stok (vaksin) untuk yang sudah terjadwal aman,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, bahwa dirinya mengharapkan kesabaran serta kepatuhan masyarakat pada aturan dan protokol kesehatan (prokes). Ia pun berharap penerapan PPKM membuahkan hasil positif.

“Kami semua berharap, selama penerapan PPKM ini membawa dampak yang lebih baik,” ungkapnya. (Red)

  • Share
Exit mobile version