Desa Bersinar Digagas Untuk Cegah Peredaran Narkoba

212 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 144 Desa di Gunungkidul melakukan Launching Desa Bersinar, dalam rangka menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat sehingga masyarakat bersih dari narkoba yang diselenggarakan di Bale Desa Kepek, Selasa (18/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut BNNP yang diwakili oleh Kabid P2M BNNP DIY, Bambang Wiryanto menghimbau kepada seluruh Pemdes se Gunungkidul untuk mengalokasikan anggaran Dana Desa dipergunakan untuk kegiatan P4GN sebagai bentuk penangkalan narkoba di wilayah desa masing-masing.

“Sesuai dengan Permendes nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020. Bahwa Desa harus mengalokasikan anggaran tersebut untuk mendukung pencanangan program desa bebas narkoba,” kata Bambang Wiryanto.

Menutnya, Gunungkidul dinilai sebagai wilayah yang responsif terhadap penyebaran narkoba, padahal Gunungkidul memiliki potensi tingkat kerawanan yang tinggi dimana banyak wisatawan yang datang ke bumi Handayani.

“BNNP DIY mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah Gunungkidul untuk menganggarkan dalam peraturan dana desa guna penceggahan narkoba melalui program Desa Bersinar,” ucap Bambang.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Gunungkidul, Bambang Setiawan mengatakan pihaknya bersama ratusan Kepala Desa mendukung lounching desa bersih narkoba (Desa Bersinar).

“Selama ini ditingkat Padukuhan sudah ada penggulangan masuknya narkoba, namun belum ada penganggaran Dana Desa seperti dalam Peraturan Gubernur dan kita akan menganggarakan di tahun 2021,” tutupnya. (Yup)

Related Post