Dewan Siap Gagas Perda Penataan Pantai

125 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul mulai berkonsentrasi terkait konsep provinsi DIY yaitu Among Tani Dagang Layar.

Untuk mewujudkan hal itu, DPRD Gunungkidulakan mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif terkait penataan kawasan pantai.

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, saat ini anggota dewan sedang melakukan program kerja untuk tahun depan, satu di antaranya adalah membahas raperda tersebut.

“Rancangan raperda penataan kawasan pantai sangat mendesak. Apalagi program yang digagas oleh Pemkab Gunungkidul dan juga sesuai dengan konsep Provinsi,” katanya, Selasa (17/9/2019).

Menurut Endah, konsep Among Tani Dagang Layar sangat pas dengan wilayah Gunungkidul karena Kabupaten Gunungkidul memiliki semuanya mulai dari daerah pertanian hingga layar (laut).

“Tidak semua daerah di DIY memiliki laut, sedangkan Gunungkidul memiliki semua. Untuk itu mari kita buat laut Gunungkidul sebagai ‘muka’ dari DIY,” ucapnya.

Endah mengibaratkan Kabupaten Gunungkidul sebagai anak “perawan” karena Gunungkidul memiliki potensi untuk investasi yang besar sehingga banyak dilirik oleh investor untuk menanamkan modal di Kabupaten Gunungkidul.

Pihaknya menambahkan, saat ini program tersebut dalam tahap konsultasi.

Meski demikian, ia optimistis rancangan bisa masuk dalam skala prioritas program kerja di tahun depan.
Setelah konsultasi, tahapan berikutnya adalah penyusunan draf.

“Kalau semua beres tahapan berikutnya penyusunan draf. Mudah-mudahan bisa dibahas tahun depan,” tutup Endah. (Bayu)

Related Post