Dimana Ada Lele, Disitu Ada BaBe

  • Share

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Calon Bupati Gunugkidul Paling Jos, Bambang Wisnu Handoyo & Benyamin Sudarmadi mengapresiasi kreativitas dilakukan kelompok jaringan Pelayanan Sosial Ekonomi (PSE) menggugah warga masyarakat melihara ikan lele pada masa pandemi Covid19.

Program pemeliharaan lele PSE dinilai efektif dari kelompok biasanya hanya produksi panen sekali langsung macet. Jaringan ini harus terus berdaya guna ditengah masyarakat karena ternyata lahan pekarangan kosong bisa berguna, ada hasilnya, dan memberi manfaat bagi orang banyak.

“Apalagi sore ini kita langsung bisa merasakan secara nyata. Harus obah dan lebih kreatif. Itu sudah tuntutan hidup. Itu kunci pada kita semua agar tidak nganggur. Olah dan manfaatkan pekarangan kita,” kata Benyamin Sudarmadi dalam panen perdana ikan lele di Dusun Soka, Candirejo, Semanu, Selasa (22/9/2020) sore.

Masa pandemi ini berat bagi sektor swasta. Bahkan banyak yang “merumahkan” pekerjanya. Kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar menjadi solusi agar soal pangan tidak harus didapatkan dengan membeli.

Selain mengenalkan sosok dan kiprah dari Bambang Wisnu Handoyo yang didampinginya maju sebagai paslon bupati, Benyamin memiliki komitmen dan fokus untuk atasi pengangguran.

“Saya nanti akan lebih fokus dalam urusan mengentaskan masalah pengangguran Gunungkidul ini. Jangan sampai putra-putri kita lulus hanya nganggur. Biar Pak Bambang Wisnu nanti yang fokus urusan pemerintahan,” imbuh mantan ketua paguyuban perantau bernama Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG).

Suwargito, petani pemeliharan ikan lele mengaku ada manfaat diperoleh dari usaha kolaborasi bidang pertanian dan perikanan lele yang ditekuni baru sejak Juni lalu.

“Ternyata ada untungnya. Setelah panen perdana nanti, saya malah akan nambah jumlah bibit lagi untuk produksi kedua nanti,” katanya.

Usaha lele ditekuni pertama kali sejak puncak pandemi covid19 dengan menebar sebanyak 1.000 bibit. Hasilnya setelah disortir ada sekitar 25 kg telah dijual eceran, 45 kg yang siap dipanen setalah disortir sisanya untuk tambahan gizi keluarga.

“Khusus panen lele bersama calon bupati ini tadi ada tambahan lele dari kolam anggota kelompok lain sebesar 50kg, jadi total yang kami bagikan sore ini 1 kwintal lele menjangkau 87kk yang hadir. Harapan kami nanti punya bupati yang berpihak pada petani ikan,” imbuhnya.

Sebelum memanen lele di Cuwelo, tim BambangWisnu – Benyamin bersama partai pengusung PDI Perjuangan memanen lele di lokasi Dusun Kepek I Kelurahan Kepek dan Keluruhan Pulutan.

Nujono, petani ikan Pulutan semakin mantap melanjutkan usaha perikanan karena mendatangkan keuntungan bersih sekitar 1 juta sekali panen selama waktu kurang dari 3 bulan. (Go)

  • Share
Exit mobile version