Dinas Kesehatan Gunungkidul Pastikan Aturan Pandemi Covid-19 Belum Berubah

  • Share

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul memastikan hingga kini belum ada informasi resmi terkait wacana soal mencabut dan mengakhiri aturan pandemi Covid-19 kini tengah bergulir.

Padahal wacana ini pun kian didukung dengan adanya pelonggaran aktivitas masyarakat oleh pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Dewi Irawaty memastikan hingga kini belum ada informasi resmi terkait wacana tersebut. Aturan yang menurutnya hingga kini masih tetap berjalan adalah penanganan Covid-19 .

“Sampai sekarang belum ada aturan baru dan masih belum berubah,” kata Dewi pada Selasa (27/09/2022).

Pihaknya masih tetap menjalankan prinsip 3T (Testing, Tracing, Treatment) untuk penanganan Covid-19 .

Dewi mengatakan yang berubah hanyalah soal pelonggaran aktivitas di masyarakat. Namun demikian, protokol kesehatan (prokes) disarankan untuk tetap diterapkan.

“Jadi meski ada kelonggaran, penanganan kesehatannya masih tetap belum berubah,” paparnya.

Dinamika kasus Covid-19 di Gunungkidul sendiri hingga kini masih terbilang fluktuatif. Menurut data terbaru, tercatat ada 24 kasus aktif Covid-19 dalam perawatan.

Terdapat 3 kasus baru konfirmasi positif yang dilaporkan hari ini. Secara kumulatif, ada 22.886 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Gunungkidul, 21.682 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Dinkes Gunungkidul pun hingga kini tetap menyiagakan seluruh fasilitas kesehatan (faskes) yang dimiliki. Terutama yang menjadi rujukan utama penanganan Covid-19 .

“Kebanyakan kasus aktif juga menjalani isolasi mandiri (isoman),” pungkasnya. (red)

  • Share
Exit mobile version