Disambangi Kaum Disabilitas, Berikut Komentar Dinas

375 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul mengaku akan menampung aspirasi mengenai Forum Komunikasi Disabilitas Gunungkidul (FKDG).

Selain menampung aspirasi, pihaknya akan mengevaluasi tentang FKDG supaya kedepannya tidak terjadi terjadi mis komunikasi.

Kepala Dinas Sosial Gunungkidul, Siwi Iriyanto mengatakan perlu adanya evaluasi ditubuh FKDG. Secepat mungkin dinas akan mengundang pengurus FKDG untuk dilakukan klarifikasi dan menyapaikan ada yang menjadi program mereka.

“Ini menyangkut mis komunikasi sehingga secepat mungkin pengurus FKDG akan kami panggil untuk menyelesaikan permasalahan ini,” kata Siwi saat ditemui wartawan, Selasa (27/3/2018).

Siwi menuturkan, ada beberapa organisasi didalam wadah FKDG. Sehingga pihaknya akan melibatkan organisasi tersebut supaya paham dan tau

“Sebenarnya sudah ada perwakilan di FKDG tetapi mereka tidak menjalankan fungsinya. Sehingga tidak adanya informasi kegiatan FKDG kepada mereka akhirnya terjadi miss komunikasi,” bebenya.

Menurut Siwi, sebenarnya penyandang disabilitas tersebut sudah eksis. Apalagi mereka juga sudah dilibatkan dalam musrenbang kabupaten.

Akan tetapi terkait fasilitas publik yang harus ramah disabilitas disemua OPD yang ada di Gunungkidul terkusus di Dinas Sosial pun belum semua tercukupi.

“Disini belum semua fasilitas ramah disabilitas contohnya kamar mandi dll.
Jadi semua butuh evaluasi bersama untuk lebih baik,” imbuhnya.

Disinggung mengenai pemberdayaan ekomoni bagi kaum disabilitas, lanjut Siwi mengaku sebenarnya ada hanya saja dengan keterbatasan dana yang ada di dinsos tidak mungkin mampu mengakomodir semua kebutuhan yang ada.

“Kemarin ada pelatihan servis kursi roda nah ini kita fasilitasi, dan harapan kami kedepan banyaknya pelatihan yang bisa dijadikan untuk menambah wawasan dan peningkatan pemberdayaan bagi kaum disabilitas,” pungkas Siwi. (Bayu)

 

Related Post