Empat Wisatawan Terseret Ombak, Satu Diantaranya Hilang

316 views
 

Gunungkidulpost.com – Girisubo – Empat wisatawan terseret ombak di Pantai Sedahan, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, satu diataranya dinyatakan hilang, Sabtu, (13/10/2018).

Koordinator Search And Rescue (SAR) Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara menyampaikan, tiga korban yang berhasil diselamatkan yakni Putut Bagus Sadewa (15) warga Krajan, Kemetul, Susukan, Salatiga. Muhamad Andiko Abimanyu (18) warga Dukuhsari, Muncar, Susukan, Semarang. Korban lain yakni Arif Gunawan (16) warga Gumuk, Susukan, Semarang.

“Sedangkan korban yang masih dalam pencarian yakni Danang Lutfi Priyambhodo (17) warga Kuncen, Karangduren, Tengaran, Semarang,” kata Handoko.

Handoko menceritakan, keempat korban datang ke Pantai Sedahan bersama rombongannya pukul 01.00 dini hari. Paginya pukul 07.00 WIB korban bersama rombongannya bermain air di palungan Pantai Sedahan yang saat itu sedang surut. Namun tiba-tiba datang gelombang besar, dan arus balik gelombang tersebut menarik ketiga korban yang selamat.

“Melihat kejadian tersebut, Danang, korban yang hilang yang semula di pasiran berusaha untuk menolong namun malah ikut terseret ketengah,” jelasnya.

Melihat teman mereka terseret ombak, teman-temannyapun berusaha meminta pertolongan ke warga di sekitar pantai dan kemudian menghubungi tim SAR.

Upaya pertolongan sudah dilakukan, tiga korban berhasil di selamatkan. Namun korban satu korban yang dinyatakan menghilang hanyut terseret arus ketangah.

“Korban hilang sempat dilempari pelampung namun sudah tidak bisa diraih karena lemas dan korban langsung tenggelam,” terangnya.

Saat itu juga, tim SAR langsung menghubungi tim kapal untuk meluncur ke lokasi dan melakukan penyisiran.

“Kami melakukan penyisiran laut dan darat hingga radius 500m ke timur TKP dan 500m kebarat TKP di seputaran pantai Greweng,” terangnya.

Hampir seharian pencarian, hingga sore hari korban belum juga ditemukan. Rencananya pencarian akan dilanjutkan besok Minggu, (14/10) pagi dengan mengerahkan 25 personil SRI, Basarnas dan relawan.

“Penyisiran akan dibagi menjadi 3 regu. Regu 1 penyisiran ke timur TKP melalui tebing radius 500m sampai pantai Dadapan. Regu 2 penyisiran ke barat TKP melalui tebing mengarah ke pantai Greweng. Regu 3 penyisiran seputaran TKP,” bebernya.

Sedangkan tim laut akan mengerahkan 1 kapal 6 GT dengan 4 personil. Penyisiran akan dilakukan ke barat dari pantai Sadeng ke Pantai Siung.

Selain itu juga akan dikerahkan 1 perahu Jukung dengan 4 personil. Penyisiran akan dilakukan dari pantai Wediombo menuju TKP. (Santi)

 

Related Post