Endah Kembali Pimpin PDIP Gunungkidul

349 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Endah Subekti Kuntariningsih kembali memimpin DPC PDI Perjuangan Kabupaten Gunungkidul untuk periode tahun 2019-2024.

Nama Endah kian mocer di kalangan DPP karena dipandang paling mampu melakukan pembenahan dan memperkuat struktur partai selain sukses memimpin pemenangan Jokowi-Maaruf Amin di
Pilpres Gunungkidul 2019 mencapai 76 persen.

Keputusan tersebut sebagai puncak Konfercab DPC dilaksankan di Ballaroom Hotel New Shaphire Yogya, serentak bersama empat DPC dan Konferda DPD PDI Perjuangan DIY, Sabtu (29/6) kemarin.

Keputusan DPP PDI Perjuangan terbilang cukup mengejutkan dengan munculnya kembali nama Warta SIP, tidak lain politisi senior untuk menempati posisi sekretaris DPC. Adapun bendahara DPC dipososikan Demas Kursiswato yang kini masih aktif menjabat Ketua DPRD Gunungkidul.

Ketiga nama tersebut menjadi kabar paling ditunggu jajaran pengurus tingkat PAC selepas DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning membuka surat keputusan yang masih utuh tertutup.

“Kita semua harus tegak lurus pada keputusan partai. DPP memiliki pertimbangan matang untuk tugas-tugas kedepan dan mengawal pemerintahan Jokowi periode kedua ini di Gunungkidul,” kata Ribka.

Ribka meningatkan pesan Ketum PDI Perjuangan, agar seluruh kader memperkuat struktur pengurus mulai dari DPC sampai kepengurusan anak ranting. Tugas pengurus, menurut Ribka, harus secara cermat melengkapi kepengurusan yang insklusif dengan generasi muda, memiliki intergritas kuat, merawat keberagaman, mau bekerjasana dan bergotong royong untuk kerja-kerja rakyat dan kerja-kerja partai. Ribka menambahkan, PDI Perjuangan saat ini dihadapkan pekerjaan yang tidak ringan untuk menjawab berbagai perubahan dan kemajuan zaman yang diikuti teknologi. Untuk itulah, politisi akrab dipanggil Ning, menitikberatkan kerja kolaborasi antara senior dan generasi muda yang tanggap dunia digital dan melek kemajuan teknologi baru.

“Meskipun partai kita menang Pemilu 2019 di Gunungkidul tapi harus mulai siapkan kader yang terampil menjaga kemenangan,” ujarnya.

Dijelaskan Ribka, generasi muda yang peka zaman paling relevan untuk dipilih memperkuat struktur partai agar jangan sampai ada pengurus yang “katrok” dan buta kemajuan teknologi yang kedepan akan menyusahkan kerja partai.

Usai disahkan sebagai ketua terpilih, Endah tak kalah membikin kejutan dengan nama-nama pengurus baru yang telah disiapkan melengkapi kepemimpinan periode keduanya. Mereka adalah Agus Riyadi, Isdanu, Endang S, Supriyo Hermanto, Indun kristina, Florentina Kuntari Puspandari, Agus Suryanto Hadi, Agus Murwanto, Sukardi, Anggia Murni, Hardi Santosa, Mega, Urip Sarwani.

Endah yang juga akan melenggang gedung rakyat 2019-2024 melirik tiga aktivis pergerakan 98 Gunungkidul, yakni Danang Ardianta untuk posisi Ketua Bidang Agitasi dan Propaganda, Krisna Wijayanto untuk posisi Ketua Bidang Pemuda dan olahraga, dan FX Endro Tri Guntoro untuk Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Aktivis pergerakan 98 dan anak-anak muda Gunungkidul partai berikan ruang seluas-luasnya untuk berkiprah di bidang politik,” ujar Endah.

Menurutnya, kepemimpinan masa depan tidaklah berada di tangan generasi tua, melainkan pada generasi muda.

Konfercab DPC PDI Perjuangan Gunungkidul dilalukan serentak dengan DPC Sleman, Bantul, Kota Jogja, Kulonprogo, dan dilanjutkan Konferda yang meloloskan Nuryadi memimpin DPD PDI Perjuangan DIY untuk lima tahun kedepan.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X membuka acara Konferda DIY dan Konfercab. Gubernur menitipkan harapan pelaksanaan konferda berjalan dengan lancar dan akan memajukan partai berlambang kepala banteng moncong putih.

“Konferda ini bertepatan momentum penting yakni Jogja Kembali, Juni. Oleh sebab itu, dapat mengembangkan pancasila untuk melawan semua paham yg tidak sesuai dgn kita,” ucap Sultan. (red)

 

Related Post