Fasilitas Spesial Kredit Rumah Untuk ASN Gunungkidul

444 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Gunungkidul yang belum memiliki rumah dihimbau untuk segera mengakses hunian tersebut melalui kredit murah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Sri Suhartanta mengatakan, saat ini Pemkab sedang melakukan pendataan terhadap ASN yang belum memiliki rumah. Sehingga diharapkan segera mendapatkan akses melalui kredit murah.

“Ini baru dilakukan pendataan dan kemungkinan skemanya langsung dari pusat,” katanya kepada wartawan, Rabu (5/9/2018) kemarin.

Dia menuturkan, nantinya program tersebut akan dilaksanakan dimasing-masing OPD. Hal itu diharapkan dapat segera merespon cepat terhadap ASN yang belum memiliki rumah hunian.

“Secara lebih detailnya nanti ranahnya dengan DPUPKP,” tutur Sri Suhartanta.

Sementara itu, Kepala DPUPKP Gunungkidul Edy Praptono mengatakan program subsidi rumah bagi ASN tentu harus melalui tahapan yang jelas sehingva benar-benar dapat tersasar dengan tepat.

“Nantinya yang tersasar yakni ASN yang benar-benar belum memiliki rumah sendiri,” papar Edy.

Dia menambahkan, nantinya ASN akan mendapatkan fasilitas kredit rumah dengam bunga super murah. Selain itu jangka waktu akan diatur hingga 20 tahun.

Menurut dia, saat ini ASN sudah dapat mulai pesan rumah yang difasilitasi oleh BPD DIY.

“Ini sebenarnya program lama, dan kami akan membantu memfasilitasi ASN agar mampu mendaptkan hunian rumah sendiri,” imbuhnya. (Bayu)

Related Post