Festival Durian Kembali Digelar

687 views

image

Gunungkidulpost.com – Patuk – Memasuki musim durian, berbagai daerah mulai menyelenggarakan festival durian, tak terkecuali Kecamatan Patuk yang merupakan pusat buah durian di Kabupaten Gunungkidul. Bertempat di Dusun Ngasem Ayu, Desa Salam,  Kecamatan Patuk, tepatnya di Gogor Park, destinasi wisata baru bertajuk taman bunga matahari, Minggu, (3/11/2017) di adakan festifal durian yang dihadiri langsung oleh, Badingah, Bupati Gunungkidul yang turut menyaksikan meriahnya acara saat festival durian digelar.  

Haryo Ambar Suwardi, Camat Patuk menyampaikan, tak hanya menyantap durian, pengunjung juga bisa mengikuti beberapa rangkaian acara. Ada lomba makan durian,  lelang durian dimana harga durian akan dilelang dengan penawaran harga termurah hingga tertinggi.

“Inilah saatnya para penggemar durian menunjukan aksinya, mereka bisa sepuasnya makan durian.Selain lelang durian, masyarakat juga membuka lapak dengan berbagai jenis durian yang bisa di beli dengan kualitas yang dijamin bagus, ” jelas Camat Patuk.

 

Haryo Ambar Suwardi menyampaikan, festifal durian ini sudah tiga tahun berjalan di Kecamatan Patuk. Harapannya setelah ini, pemerintah bisa mencari bibit durian yang benar-benar mempunyai kualitas bagus untuk dikembangkan. 

“Untuk jenis durian yang berhasil mendapatkan juwara 1 dengan kualitas terbaik, rencananya akan kita cari bibit induknya untuk dikembangkan, sehingga kita peroleh bibit durian yang benar-benar bagus, ” tambah Haryo.

Dalam festifal ini akan diambil tiga durian terbaik sebagai juwara 1 sampai 3 yang nantinya akan mendapatkan tropi, sertifikat serta uang pembinaan. Festifal durian juga merupakan ajang promosi untuk mengenalkan wisata baru kebun matahari di Kecamatan Patuk. 

“Semoga ini menjadi ikon wisata baru di Patuk, dari 1500 batang bunga matahari yang sudah ditanam nantinya akan ditambah hingga 10 ribu batang bunga. Harapannya ini bisa menjadi kebun bunga matahari terbesar di Gunungkidul, ” urai Haryo.

 

Pada kesempatan yang sama, Badingah menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan masyarakat Patuk. Menurut Bupati, masyarakat Patuk sangat luar biasa, hal ini terlihat dari antusias dan partisipasi masyarakat yang begitu begitu besar. 

“Ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah daerah untuk memajukan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata. Terus membangun dan kembangkan potensi yang ada, semoga ini bisa memperbaiki nilai perekonomian masyarakat Patuk khusunya, ” tutur Badingah.

 

Dengan potensi alam yang sangat bagus, Patuk dinilai akan lebih maju dan terkenal setelah mendapat polesan dan sentuhan dari masyarakat yang kreatif. 

“Mari bersama-sama, menyatukan misi kita, untuk menjadikan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata,”tutupnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post