Gaji Honorer Naik, Bagaimana Nasib GTT??

468 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Wacana Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terkait SK Bupati dan kenaikan gaji bagi honorer selama ini dinilai mengkhawatirkan banyak kalangan. Sebab dapat menimbulkan gejolak di masyarakat, khususnya mereka yang berprofesi sebagai tenaga pengajar dan pegawai non PNS.

Turut sertanya PTT ini bukan tanpa sebab, pasalnya dalam SK yang diprediksi turun tahun depan itu tidak menyertakan kenaikan gaji bagi para PTT. Itu yang juga menjadi kekhawatiran, mengingat nasib PTT tak jauh beda dengan guru honorer.

Ketua Komite Honorer Gunungkidul, Aris Wijayanto mengatakan gejolak yang mungkin terjadi jika SK tersebut belum ada kejelasan adalah para GTT akan menggelar aksi turun ke jalan hingga mogok kerja.

“Wacana kenaikan gaji yang tertuang dalam SK Bupati juga tidak mencakup seluruh GTT. Melainkan mereka yang telah disaring sesuai dengan syarat yang ditentukan,” katanya, Senin (17/9/2018).

Menurut Aris, GTT selama ini juga bekerja untuk mencetak generasi yang berkualitas. Tentu harus ada kebijakan lain bagi mereka yang nantinya tidak tercover SK.

Atas hal itu dia meminta pemerintah bisa lebih memperhatikan nasib GTT dan PTT. Permasalahan ini lanjutnya harus segera diselesaikan, sebab menyangkut mutu pendidikan Gunungkidul.

“Terus bagaimana nasih GTT yang tidak tercover SK? Ini salah satu dampak kecemburuannya juga,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan rencana kenaikan gaji GTT memang benar adanya. Namun itu tidak mencakup seluruh guru honorer.

Bahron menjelaskan hal itu terjadi lantaran alokasi anggaran hanya diperuntukkan bagi guru, sesuai dengan formasi yang dibutuhkan. Persyaratan yang dimaksud, selain formasi yakni jenjang pendidikan yang dibutuhkan minimal S1. Sehingga jika tidak memenuhi syarat maka tidak terjaring.

“Hanya guru yang mendapat SK penugasan dari bupati yang gajinya naik. Dengan kata lain tidak semua GTT bakal menerima kenaikan gaji ini,” ucapnya. (Bayu)

Related Post