Gandung Ajak Warga Makan Daging Sehat Bebas Antraks

170 views
 

Gunungkidulpost.com – Panggang –
Adanya Informasi mengenai warga Gunungkidul yang meninggal karena antraks menyebar luas di media sosial. Hal itu menimbulkan kekhawatiran, bahkan muncul anjuran untuk menghindari daging.

Walau demikian, masyarakat dihimbau tidak panik berlebihan terkait isu antraks. Konsumsi daging juga dinyatakan aman, asalkan dibersihkan dan dimasak matang.

Menanggapi informasi yang beredar tentang penyakit antraks Anggota DPR RI langsung membuat gerakan untuk makan dan menyantap daging yang sehat dan aman. Hal itu seperti dilakukan oleh Gandung Pardiman saat menyambangi warga di Kecamatan Panggang, Gunungkidul.

Gandung mengajak lapisan masyarakat untuk tidak takut mengkonsumi daging.  Karena tak semua daging terkena antraks.

“Mari-mari makan daging sapi, tidak usah takut ini dagingnya sehat kok,” ucap Gandung Pardiman, Sabtu (25/1/2020).

Menurut Gandung, untuk menghindari antraks, disarankan agar tidak memotong dan mengonsumsi daging hewan yang sakit.  

“Jangan sampai makan daging hewan yang sakit/mati. Alangkah baiknya supaya aman ya pilih daging yang segar,” imbuh Gandung.

Sementara itu, Salah satu Petugas Puskeswan Kecamatan Panggang, Yanno Findria mengatakan pihaknya berusaha keras untuk mengajak warga tidak menyembelih bangkai hewan. Sehingga terhindar dari ancaman antraks.

“Kita harus mulai mengubah pola kebiasaan yang dilakukan masyarakat Gunungkidul. Biasanya ada hewan masti ramai-ramai untuk disembelih. Nah hal ini yang kami perangi dan tak perlu terjadi lagi,” ungkapnya. (Yup)

 

Related Post