Gantung Diri Tidak Terbendung Lagi

670 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Setiap kehidupan yang dialami manusia selalu mengalami fluktuasi dalam berbagai hal. Berbagai stressor baik fisik, psikologis mampu mempengaruhi bagaimana persepsi seorang individu dalam menyikapi kehidupan.

Ahli Kejiwaan sekaligus Psikiater Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari, dr Ida Rohmawati mengatakan, persoalan bunuh diri dengan cara gantung diri di Gunungkidul adalah persoalan yang multi faktor dan sangat komplek. Untuk menyelesaikan permasalahan juga tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri dan sporadis. Diperlukan sinergisitas dalam penanganan hal semacam itu guna meraih hasil yang maksimal.

“Harus ada leading sektor yang menggerakan, sebenarnya semua unsur sudah bergerak baik, Kepolisian, Dinas Kesehatan, maupun Kementrian Agama. Hanya saja saat ini mungkin belum bisa bersinergi bersama,”katanya.

Menurutnya, ada berbagai macam bunuh diri meliputi bunuh diri kecil, yakni orang tidak sungguh-sungguh melakukan bunuh diri langsung, namun dengan sengaja melakukan penelantaran diri.

“Seperti tidak mau makan atau tidak mau minum obat. Yang lainnya, adalah bunuh diri terselubung, dengan sengaja mencelakai dirinya dan sengaja ingin mati,” jelasnya.

Ia menambahkan, bunuh diri juga terdapat beberapa tipe, diantaranya bunuh diri hysterionik, dimana pelaku melakukan itu untuk mendapatkan perhatian atau tidak sungguh-sungguh. “Secara teori dia bisa mati, tetapi jika kemungkinan hidup akan mempunyai tingkat kecacatan tinggi,” tambahnya.

Selain itu, bunuh diri karena depresi karena merasa tak punya harapan. Hal tersebut merupakan permasalahan kesehatan jiwa, dimana 80 persen faktor resiko bunuh diri itu karena mengalami depresi. Apapun penyebabnya, sakit menahun atau permasalahan asmara.

“Sebagian kecil bunuh diri itu halusinasi, gangguan jiwa berat, mendengar bisikan, selain itu juga terdapat aksi bunuh diri yang disebabkan dimensia atau orangtua yang mengalami kebingungan dan kepikunan,”jelasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post