Geliat Bersih Dusun Sumber Jadi Semangat Warga Setempat

  • Share

Gunungkidulpost.com – PONJONG – Dalam Rangka Rasulan/Bersih Desa, Dusun Sumber, Kelurahan Kenteng, Kapanewon Ponjong menggelar tasyakuran di area sumber mata air Sumberan,Rabu(06/07/2022).

Digelarnya Rasulan/Bersih Desa di area sumber mata air ini pun bukan tanpa alasan, pasalnya sebagai simbol bentuk rasa syukur Kepada Sang Pencipta.

Dalam kegiatan ini pun turut hadir Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, Gusti Kukuh Hestriasning, serta Lurah dan Panewu setempat, dan masyarakat yang berantusias menyaksikan prosesi Rasulan.

Kegiatan diawali doa bersama dalam memohon berkah Kepada Yang Maha Kuasa, dan dilanjutkan penanaman pohon disekitar sumber mata air, “Penanaman pohon disekitar sumber mata air ini harapannya bisa menambah dan meningkatkan resapan air, ” ucap Heri.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati pun juga berpesan untuk terus menjaga dan melestarikan budaya rasulan ini karena rasulan adalah sebuah bentuk dan simbol rasa terima kasih kepada Sang Pencipta, serta ia juga berpesan untuk senantiasa menjaga alam dan lingkungan.

“Jaga kelestarian alam sekitar, karena jika kita menjaga alam maka alam juga akan memberikan manfaat kepada kita, ” ucap orang nomor dua di Gunungkidul ini.

seusai penaman pohon, kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan bibit ikan di area sumber mata air, dan penutupan badan pohon beringin dengan kain putih sebagai simbol penghormatan dan rasa syukur.

Gusti Kukuh Hestriasning selalu kerabat Keraton Yogyakarta pun juga turut senang sewaktu turut mengikuti Rasulan/Bersih Desa di Desa Sumber ini, “Saya turut mengapresiasi masyarakat Desa Sumber ini, pasalnya masih melestarikan budaya Rasulan, ” ucapnya.

Dengan melestarikan budaya seperti ini harapannya bisa diturunkan kepada anak cucunya karena sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta. (G1)

  • Share
Exit mobile version