Gelombang Tinggi Naik, Pantai Baron Tetap Aman

242 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pantai selatan Kabupaten Gunungkidul kembali mengalami gelombang tinggi.

Peristiwa alam tersebut terjadi pada Rabu (24/7/2019) kemarin. Meski gelombang tinggi mencapai 18 kaki, namun berdasarkan informasi, tidak sampai menimbulkan kerusakan di kawasan pesisir pantai.

Hal itu dibuktikan di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari masih dalam keadaan aman.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II, Gunungkidul, Marjono mengatakan saat gelombang tinggi para nelayan tidak berani melaut, dan pada hari ini nelayan sudah berani melaut karena gelombang sudah mengalami penurunan yang sangat drastis.

“Hari ini sudah turun, tetapi kemarin sempat naik hingga 18 kaki,” katanya kepada wartawan, Kamis (25/7/2019).

Menurut Marjono, gelombang tinggi tersebut tidak sampai memperparah kerusakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Baron, lanjut Marjono.

“Tidak sampai parah dan hingga saat ini sudah berangsur menurun,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan pihaknya hingga saat ini belum mendapatkan laporan kerusakan akibat gelombang tinggi.

Lebih lanjut, setiap minggu Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi.

“Tiap Minggu kami selalu mendapatkan informasi terkait gelombang tinggi. Sampai saat ini juga belum ada laporan kerusakan akibat gelombang tinggi,” imbuhnya. (Bayu)

 

Related Post