Gempa 5,8 SR Guncang Gunungkidul

264 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter mengguncang Kabupaten Gunungkidul, Rabu (29/8/2018).

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gempa berada di 112 km barat daya Gunungkidul. Kedalaman gempa 10 km. Belum diketahui dampak gempa yang terjadi sekitar pukul 01.36 WIB itu.

Gempa berlokasi di 8.87 LS – 110.23 BT atau 112 km Barat Daya Gunungkidul, DIY. Gempa bumi dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.

Hingga kini belum ada laporan tentang dampak gempa yang mengguncang Gunungkidul itu.

“Guncangan gempa tergolong besar namun tak berpotensi tsunami,” kata Staf Data Dan Informasi BMKG Yogyakarta, Indah Retno Wulan saat dikonfirmasi Gunungkidulpost.com.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Gunungkidul khususnya untuk tidak panik dan mengabaikan informasi yang tidak benar. Meski gempat tergolong besar namun tak berpotensi tsunami.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tetap tenang,” ungkap Indah.

Sementara itu, salah seorang warga Wareng Wonosari, Yayak mengaku dirinya merasakan getaran gempa tersebut saat berada di dalam rumah.

“Iya saya merasakan getaran gempa mas saat akan tidar,” ucap Yayak.

Hal senada juga dirasakan oleh Iswanto warga Wonosari. Dia merasakan getaran gempa yang mengguncang Gunungkidul saat berada di kamar mandi.

“Saat bangun terus dikamar mandi selang sekitar 3 menit tau-tau ada gempa, tetapi gimana lagi lha wong belum selesai dan saya hanya bisa pasrah,” tutu Iswanto. (Bayu)

 

Related Post