Gempa Blitar Terasa Hingga Bantul Dan Gunungkidul

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI -Terjadi gempa bumi di Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Jumat (21/5/2021) sekitar pukul 19:09:23 WIB.

Dikutip dari akun Twitter @bmkgjogja, gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah tersebut berkekuatan 6.2.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa tersebut ada di koordinat 8,63 LS dan 112,34 BT dengan kedalaman 110 kilometer.

Titik pusat lokasi terjadinya gempa berada di 57 km Tenggara Kabupaten Blitar.

Meski demikian, getaran dari guncangan gempa bumi ini dirasakan di sejumlah wilayah Yogyakarta yakni di Gunungkidul, Bantul, Kulonprogo, dan Sleman.

Tak hanya pada wilayah itu, getaran gempa juga turut dirasakan masyarakat di wilayah Wonogiri, Purworejo, hingga Denpasar.

Salah seorang warga Wonosari, Muhammad Taufik mengaku merasakan getaran gempa tersebut. Ia pun sempat lari hingga keluar rumah.

“Iya saya merasakan getaran gempa ini, saat berada di dapur langsung sontak saja lari keluar,” ujarnya.

Update info dirasakan:
Info Gempa Mag:6.2, 21-May-21 19:09:23 WIB, Lok:8.63 LS,112.34 BT (57 km Tenggara KAB-BLITAR-JATIM), Kedlmn:110 Km, dirasakan di Blitar V MMI, Karangkates, Sawahan, Ngajuk, Lumajang, Tulungagung, Malang IV MMI, Pasuruan, Ponorogo, Mataram, Trenggalek, Pacitan, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Pacitan, Kuta, Denpasar, Gianyar, Lombok Barat, Ngawi, Tabanan III MMI, Pasuruan, Wonogiri, Klaten, Lombok Tengah, Surabaya, Purworejo, Karangasem II MMI ::BMKG

  • Share