Siap-siap Guncang Nglanggeran, Geopark Night Specta #4 Hadirkan Artis Millennial

223 views

Gunungkidulpost.com – Patuk – Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Gunungkidul mengelar Geopark Night Specta #4.

Even tersebut merupakan acara yang digelar rutin tiap tahunnya. Hal itu digagas untuk meningkatkan potensi pariwisata seiring dengan peringatan penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark.

Geopark Night Specta #4 ini akan digelar di Panggung Terbuka Nglanggeran, Patuk, Jumat (19/7/2019) Pukul 19.00 WIB. Acara spektakuler ini akan dimeriahkan oleh vokal artis milenials diantaranya: Yogyakarta Simphony Orkestra, Erix Soekamti
(merupakan vokalis dari grup band Endang Soekamti), Gaseng Om Wawes
(vokalis dari grup band Om Wawes), Nuvi Wardhana (Vokalis & Artis youtube), dan Nanda Candra
(vokalis dan pemain biola).

Bersamaan dengan itu pula akan dilakukan pembacaan pemenang nominasi penghargaan pengelolaan geosite

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan kawasan Gunung Sewu masuk dalam Global Geopark Network (GGN) sejak diresmikan oleh UNESCO pada 21 September 2015. Selain itu kawasan karst Gunung Sewu merupakan kawasan paling istimewa di Jawa.

Kawasan tersebut berbentuk conical hills, terdiri dari sekitar 40.000 bukit karst. Panjang kawasan ini mencapai 85 kilometer dengan luasan endapan gampingnya mencapai 1.300 kilometer persegi.

Membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Pacitan dengan total 33 situs (site).

Oleh sebab itu, pada tahun keempat ini sekaligus dalam rangka peringatan penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark akan digelar berbagai pertunjukan seni.

“Geopark Night Specta #4 ini akan kami gelar di Gunung Api Purba Nglanggeran,” ujarnya.

Menurut Asti, Kabupaten Gunungkidul memiliki 13 situs termasuk di dalamnya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Hal tersebut sekaligus diharapkan mampu meningkatkan potensi pariwisata yang ada diwilayah jaringan Geopark Gunung Sewu.

“Ini merupakan ajang tahunan dan kami harap kedepan mampu meningkatkan kepariwisataan dijaringan Geopark Gunung Sewu,” tutup Asti. (Falentina)

Related Post