Grebeg Kampung Dompet Dhuafa, Sarana Menjaga Kerukunan Umat Muslim

166 views

Gunungkidulpost.com – Semin – Grebeg Kampung Ramadhan yang digelar Dompet Dhuafa Yogyakarta Rabu,(22/5/2019), membuat suasana pelataran masjid Al-Ikhlas, Desa Semin,Kecamatan Semin terasa lebih hangat. Warga berkumpul bergotong-royong memasak menu berbuka didapur umum.

Tidak hanya itu, warga juga nampak berbondong-bondong menikmati layanan aksi sehat. Sementara anak-anak asyik mendengarkan dongeng cerita.

Bambang Edi Prasetyo, pimpinan Dompet Dhuafa Yogyakarta menyampaikan Grebek Kampung merupakan kegiatan implementasi gerakan #jangantakutberbagi yang diselenggarakan Dompet Dhuafa Yogyakarta pada bulan Ramadhan 1440 H di lima desa di Yogyakarta.

Tujuan Gerebeg Kampung ini adalah untuk memuliakan bulan Ramadhan dengan memuliakan kaum dhuafa. Selain itu juga menyampaikan amanah dari saudara-saudara sesama muslim berupa paket lebaran, zakat Fitrah dan ifthar.

“Kali ini kami menggandeng BMT Dana Insani di Desa Semin dan menyasar 450 orang penerima manfaat,” terangnya.

Bambang menjelaskan, dalam pelaksanaannya terlibat organ dan jejaring Dompet Dhuafa Yogyakarta diantaranya Layanan Kesehatan Cuma-Cuma, Corp Dai Dompet Dhuafa, dan Dompet Dhuafa Volunteer.

“Pemuda remaja masjid dan karang taruna desa setempat juga turut membantu dalam Grebek Kampung kali ini,” kata Bambang.

Kegiatan Grebeg Kampung dilaksanakan dari pagi hingga sore sampai saatnya berbuka bersama. Kegiatan meliputi masak bersama, pemberian parcel lebaran, hibah Al Qur’an, dongeng ceria, tausiah dan berbuka bersama. Penyaluran ifthar menjadi lebih meriah dan bernuansa baru dengan adanya Mogi (Mobil Berbagi) Dompet Dhuafa Yogyakarta.

“Saya beharap Gerebeg Kampung menjadi sarana menjaga kerukunan antara sesama muslim,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul, Immawan Wahyudi menyampaikan ucapan terima kasih atas inisiatif Dompet Dhuafa Yogyakarta dan BMT Dana Insani yang telah menyelenggarakan Grebek Kampung di Desa Semin ini.

“Semoga dapat membangun kebersamaan dan meningkatkan keimanan pada Allah SWT,”tutur Immawan. (Santi)

Related Post