Gubernur DIY Resmikan Lumbung Mataraman, Ini Harapan Sultan

Gubernur DIY Saat Memanen Lombok Di Lumbung Mataraman Kedungpoh, Nglipar. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – NGLIPAR – Lumbung Mataraman yang berada di Kelurahan Kedungpoh, Nglipar Hari ini, Senin (4/12/2023) diresmikan oleh Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Didalam Lumbung Mataraman terdapat sejumlah fasilitas yang ada. Adapun fasilitas yang tampak ialah lahan pertanian cabai, melon, anggur, budidaya ikan tawar, dan beberapa lainnya.
Selain itu terdapat tempat pembuatan pupuk kompos dll.

Ngarsa Dalem ingin lurah memanfaatkan lumbung pangan sebagai embrio pangan bagi masyarakat dan sekaligus untuk peningkatan perekonomian.

“Kami tidak punya target, tapi bagaimana Pak Lurah dan perangkatnya menyejahterakan itu (lumbung pangan) mengurangi orang miskin atau yang menganggur,” kata Sultan, kepada wartawan, Senin (4/12/2023).

Sultan menerangkan semestinya kalurahan memiliki lumbung pangan sendiri seperti Lumbung Mataraman itu. Namun, Sultan mengungkapkan, pihaknya akan memilih kalurahan yang siap.

“Mestinya begitu (setiap kalurahan memiliki lumbung pangan), tapi kita pilih yang memang mereka sudah siap. Kalau belum siap, ya siapkan dulu,” ujarnya.

Dirinya tidak ingin lagi ada kalurahan yang sudah mendapatkan bantuan lumbung pangan tetapi dikembalikan.

“Saya tidak mau lagi bikin proposal mau kita bantu akhirnya malah dikembalikan. Jangan sampai terjadi,” imbuhnya.

Hingga saat ini, kata Sultan, pihaknya masih belum memiliki target hingga realisasi sekolah tani untuk lumbung pangan. Meski begitu, Sultan mengaku, pihaknya telah memfasilitasi edukasi pertanian bagi milenial.

“Tidak sampai ke situ (edukasi pertanian). Kami memfasilitasi sendiri yang di milenial itu di Prambanan maupun di Kaliurang ada, yang memang mereka kita kirim ke Korea untuk training dengan menggunakan teknologi,” katanya.

Terkait target pengurangan kemiskinan dengan lumbung pangan, kata Sultan, tergantung pada Lurah dan perangkatnya.

“Itu terserah potensinya sendiri, Pak Lurahnya sendiri yang bisa ngukur,” jelas Sultan.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, SE mengapresiasi kelurahan Kedungpoh yang telah siap mengembangkan Lumbung Mataraman ini. Pihaknya berharap agar program ini kedepan berjalan dengan sukses dan berkembang.

“Kami sangat mendukung, dan kedepan harapannya program ini lebih maju dan berkembang,” pungkasnya. (Bayu)