Hadapi Corona, Sultan Pidato Untuk Warga Jogja

202 views

Gunungkidulpost.com – Yogyakarta – Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamemku Buwono X, menegaskan jika daerahnya “belum menerapkan lockdown” untuk menghadapi Corona COVID-19.

Sultan menegaskan imbauan agar semua warganya menaati aturan untuk menghadapi pandemi tersebut.

Dalam pidatonya yang berjudul ‘Cobaan Gusti Allah’, Sultan menggambarkan betapa bahayanya pandemi virus Corona yang terjadi saat ini.

“Virus Corona itu jika memasuki badan, tidak bisa kita rasakan dan menyerangnya pun tak terduga-duga.” Ungkap Sultan dalam pidatonya di Kantor Gubernur DIY, Senin (23/3/2020).

Sultan, berpesan kepada warganya harus bisa menjaga kesehatan, terus berdoa dan wajib menjalankan aturan baku dari sumber resmi yang terpercaya.

“Saya yakin, karena rakyat Yogyakarta memiliki kadar literasi yang tinggi, tentu bisa membedakan mana yang berita hoax serta mana-mana yang benar dan nalar. Pepatah Jawa kembali mengatakan, Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelem ndalan (Tuhan melapangkan jalan orang-orang yang taat pada aturan),” ucap Sultan.

Sementara itu, Sultan telah menetapkan status tanggap darurat bencana dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Biwara Yuswantara.

Ia mengatakan status tanggapan darurat bencana ditetapkan sejak Jumat (20/3/2020) lalu.

“[Ditetapkan dan berlaku] hari ini, berlaku sampai dengan 29 Mei 2020,” kata Biwara.

Konsekuensi dengan ditetapkannya status ini maka akan semakin memudahkan Pemda DIY untuk melakukan penanganan. Salah satunya dalam hal mengakses pos belanja tak terduga (BTT) pada APBD tahun 2020.

“Saat ini BTT yang tersedia sekitar Rp14 miliar dan dapat digunakan untuk banyak keperluan,” imbuhnya. (Red)

Related Post