Harga Bawang Putih Dipasaran Terus meroket

79 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sejumlah pedagang di Pasar Tradisional Playen mengeluh lantaran harga bawang putih sejak sepekan yang lalu terus mengalami peningkatan signifikan. 

Bahkan pantauan di Pasar Ngawu, Playen, kenaikan harga bawang putih naik hingga dua kali lipat.

Yang semula berkisar Rp28.000 per kilogram, saat ini harga mencapai Rp50.000 per kilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Ngawu, Ngatemi mengatakan kenaikan harga terjadi hampir tiap hari dengan besaran rata-rata Rp5.000. namun segara globar kenaikan terjadi sejak dua pekan lalu.

“Setiap hari rata-rata naik Rp5.000 hingga akhirnya saat ini menyentuh harga Rp50.000 per kilogram,” kata Ngadmi, Rabu (5/2/2020) kemarin.

Ia mengungkapkan bawang putih yang dijual merupakan bawang impor dari China. Penyebaran virus Corona diduga menjadi salah satu pemicu melonjaknya harga bawang putih.

“Kenaikan harga ini sudah dari kulakan saya sana,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Johan Eko Sudarto mengaku belum bisa berkomentar terkait dengan ketersediaan dan harga bawang putih yang melonjak. Dia mengaku segera mengecek ketersediaan barang di lapangan.

Jika ditemukan adanya gejolak, Disperindag segera berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Gunungkidul untuk menentukan langkah-langkah yang harus diambil.

“Semoga pembatasan impor bawang putih dari China tidak terlalu banyak berpengaruh dengan ketersediaan dan harga di pasaran,” ujarnya. (Red)

Related Post