Hindari Kluster Baru, Pegawai Perkantoran Akan Di Sweb Masal

  • Share
Kepala Dinkes Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty. (Foto: Gunungkidulpost)
Kepala Dinkes Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty. (Foto: Gunungkidulpost)

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Situasi pandemi COVID-19 saat ini masih terus mengancam. Setelah dari pendatang, kekhawatiran muncul jika penyebaran terjadi di perkantoran.

Sebab sudah ada beberapa daerah yang mengalami hal tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul Dewi Irawaty mengakui pihaknya juga mengantisipasi munculnya kluster perkantoran. Oleh sebab itu, Dinkes Kabupaten Gunungkidul akan menggelar sweb masal pada pegawai perkantoran.

“Kami juga akan melakukan swab massal pada pegawai di perkantoran,” kata Dewi, pada Jumat (21/08/2020).

Saat ini, pihaknya masih menyelesaikan proses swab secara internal. Swab Ini ditujukan pada tenaga kesehatan dan pegawai Dinkes yang memiliki resiko tinggi tertular COVID-19.

Dewi mengatakan, jika Pemkab mengizinkan, pihaknya akan melakukan swab massal pada pegawai di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Swab akan dilakukan pada kantor-kantor yang dianggap beresiko. Jadi Tak hanya OPD, kantor-kantor swasta yang dianggap beresiko juga,” ungkap Dewi.

Terlepas dari wacana tersebut, ia tetap mengimbau seluruh perkantoran baik pemerintah atau swasta menjalankan protokol kesehatan. Sebab kunci pencegahannya ada di sana.

Dewi mengatakan penggunaan masker dan jaga jarak menjadi hal yang paling penting. Ia pun berharap perkantoran hingga tiap pegawai menjalankan protokol kesehatan secara konsisten.

“Harapan kami tiap pegawai menjalankan protokol kesehatan. Itu tidak bisa ditawar lagi untuk menghindari kluster baru dari perkantoran,” jelasnya. (Tnt)

  • Share