Hutan Jati Terbakar, Ratusan Hektar Terancam Ludes

268 views
 

Gunungkidulpost.com – Purwosari – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi lagi di hutan Jati milik perhutani yang ada di Alas Pucang Anom wilayah Kecamatan Purwosari, Senin (3/9/2018) sore.

Personil Polsek Purwosari segera turun tangan melakukan pemadaman.

Kapolsek Purwosari AKP Budi Kustanto melalui Basi humas setempat, Brigadir Chrismawan Adi Nugroho menyampaikan, Polisi melakukan pemadaman kebakaran secara manual.

“Kami berusaha padamkan api dengan ranting kayu dan alat yang memungkinkan dan alhirnya api bisa dipadamkan,” katanya.

Sebelumnya, berbagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan telah dilakukan. Pihak Kepolisian juga telah memasang sepanduk himbauan dan menyerukan masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan pertanian lainnya.

“Untuk luas lahan yang terbakar belum diketahui, sedangkan untuk penyebab kebakaran, masih dalam pendalaman pihak kepolisian,” jelasnya.

Meski lokasi jauh dari pemukiman penduduk, lanjut Crrismawan, jika api terus merambat dan tidak berhasil dipadamkan, kondisinya mengancam ratusan hektare lahan milik perhutani dan masyarakat.

Saat ini, Polsek Purwosari telah berkoordinasi dengan anggota Resort Polisi Hutan (RPH) Purwosari – Panggang, untuk melakukan Patroli bersama guna mencegah terulangnya kebakaran hutan di wilayah Kecamatan Purwosari. (Santi)

 

Related Post