Ini Penyebab Abrasi Sungai Bawah Tanah Pantai Baron

1209 views
 

Foto : Istimewa

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Abrasi sungai bawah tanah di Pantai Baron desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, disebabkan karena adanya gabungan aliran air. Perubahan aliran antara sungai dan gelombang laut ini pemicu terjadinya kecelakaan laut.

Koordinator SARSATLINMAS Pantai Baron, Marjono mengatakan, banjir di sungai bawah tanah itu merupakan gabungan aliran air sungai bawah tanah dengan ombak pantai. Aliran air gabungan tersebut menuju ke arah timur atau ke selatan yang langsung ke laut lepas. Sehingga alur ini menjadi penyebab adanya kecelakaan laut, khususnya pengunjung yang tidak bisa berenang.

“Biasanya aliran air yang menuju arah timur itu akan dibarengi munculnya gundukan pasir yang menyerupai pulau karena terpisah oleh aliran sungai,” katanya, Kamis (1/12/2016).

Menurut Marjono, hal tersebut yang menjadi daya tarik para pengunjung untuk melakukan penyeberangan. Namun demikian, aliran ini juga membahayakan nyawa pengunjung. Karena disamping arus yang begitu kuat, akan tetapi kedalamannya bisa mencapai tiga meter. 

“Untuk itu kita himbau bagi para pengunjung untuk  berhati-hati, kalau tidak nanti bisa hanyut. Lebih baik yang tidak berenang agar tidak ke daerah tersebut, karena berbahaya,” ujarnya. (Nena)

 

Related Post