Ini Penyebab Puluhan Ribu Warga Belum Dapatkan E-KTP

699 views
Ilustrasi (google)

Ilustrasi (google)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Masyarakat Gunungkidul nampaknya harus menunggu hingga November 2016 mendatang untuk mendapatkan E-KTP. Sebab saat ini blangko atau material pembuatan E-KTP habis.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul, Eko Subiantoro mengatakan, jika kekosongan blangko itu berdasarkan surat edaran Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Mendagri per 1 Oktober 2016. Tercatat masih tersisa 10.000 warga yang belum melakukan proses perekaman sidik jari, foto dan data, karena blangko E-KTP habis.

“Tinggal 10 ribuan warga yang tersisa itupun terdiri dari orang tua jompo maupun sakit keras, sedangkan difable sekitar 7 ribuan. Kami juga sudah mengeluarkan surat keterangan telah melakukan rekam biometrik, tapi bukan sebagai pengganti E-KTP,” katanya, Rabu (5/10/2016).

Eko Subiantoro menjelaskan, untuk mempercepat proses perekaman, pihak Dinas sendiri melakukan upaya dengan cara jemput bola bagi masyarakat yang memang membutuhkan.Selain itu, juga dilakukan pelayanan khusus. “Untuk pelayanan perekaman kita buka setiap hari. Bahkan hari libur terus kita layani,” jelasnya. (Nena)

blangkoektphabis gunungkidul gunungkidulpost

Related Post