Intensitas Hujan Naik Bencana Longsor Jadi Incaran Petugas

273 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul melakukan pemetaan lokasi berpotensi bencana. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dampak dari musim hujan yang intensitasnya terus naik.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Gunungkidul, Agus Wibawa, mengatakan bencana yang paling berpotensi saat musim hujan adalah terjadinya longsor.

Pihaknya akan mewaspadai beberapa tempat yang berpotensi terjadinya longsor. Adapun tempat tersebut seperti di Kecamatan Semin, Ngawen, Nglipar, dan Patuk.

“Kalau selatan baru-baru ini terjadi di Panggang. Maka kita lakukan pemetaan sejak dini,” katanya, Kamis  (20/02/2020) kemarin.

Selain longsor, BPBD juga mewaspadai terjadinya pohon tumbang saat hujan disertai angin kencang. Menurut Agus, potensi ini nyaris merata di seluruh wilayah Gunungkidul.

Salah satu upaya yang dilakukan antara lain melakukan pengecekan terhadap pohon-pohon.

“Sebab di kawasan ini banyak pohon-pohon besar berusia tua, sehingga harus dicek kondisinya,” ucap Agus.

Terpisah, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul Aris Suryanto sebelumnya menyampaikan telah meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman pohon tumbang ini.

Namun, ia mengimbau agar warga mengecek terlebih dahulu kondisi pohon sebelum menentukan metode yang layak penanganannya.

“Jika akarnya memang sudah keropos ya silakan ditebang,” tutupnya. (Yup)

Related Post