Jalan Sepanjang 92 KM Rusak Berat

598 views
 





Gunungkidulpost.com – Rongkop – Sejumlah ruas jalan diberbagai wilayah di Gunungkidul kondisinya rusak. Jalan rusak berat tersebut berlangsung di wilayah Kecamatan Rongkop dan luas jalan Baran-Melikan. 

Dari data yang ada, panjang ruas 3, 50 kilometer dengan lebar 4 meter, sepanjang 2 kilo meter tersebut masuk dalam kondisi rusak berat.

Camat Rongkop, R. Aris Budiarto mengatakan, keadaan memprihatinkan itu berlangsung sejak lama bagi daerah tertentu sehingga berdampak buruk terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar. Menurutnya kondisi jalan yang dipenuhi lubang, juga menimbulkan rawan kecelakaan dan mengancam keselamatan pengguna jalan. Belum lagi dampak kesehatan akibat polusi udara pun dikawatirkan oleh warga setempat.

“Pada saat ada lomba belum lama ini, rute tim penilai sengaja kami lewatkan ke ruas jalan rusak supaya bisa tahu kondisi di lapangan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu(21/9/2016).

Kerusakan jalan di Desa Melikan tersebut sudah berlangsung cukup lama. Bekas aspalan lama sudah terkelupas bahkan tidak berbentuk sehingga membahayakan pengguna jalan. Pada saat Musrenbang, usulan perbaikan jalan sudah disodorkan, namun hingga kini belum juga dilakukan upaya perbaikan.

“Tapi saya juga tidak tahu, apakah usulan perbaikan jalan tahun tahun ini juga di Acc,” ujarnya.  

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga DPU Gunungkidul, Djaka Lelana menjelaskan, di ruas jalan Botodayakan-Bohol masih di Kecamatan Rongkop kondisinya juga demikian. Dari panjang ruas jalan 4, 40 kilo meter dengan lebar 4 meter, sepanjang 4, 05 kilo meter dalam kondisi rusak berat. Panjang dan lebar jalan rusak berat tersebut sesuai dengan data milik Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul.

“Total ruas jalan di Gunungkidul ada 686, 00 kilo meter. Sedangkan 92, 18 kilo meter atau sekitar 13, 44 persen masuk dalam kondisi rusak berat,” imbuhnya. (Bayu)

 

Related Post