Jalan Utama Kota Wonosari Akan Dirubah

499 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul berencana mempercantik Kota Wonosari dengan cara membuat jalur searah dan jalur dibuat dua lajur.

Penataan jalan tersebut bertujuan untuk memperlancar lalu lintas di kawasan setempat.

Kepala Seksi Pemeliharaan, Bidang Cipta Karya, DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana menuturkan, selain untuk mempercantik Wonosari, penataan jalan tersebut juga bertujuan untuk memperlancar lalu lintas.

“Program penataan jalan di Kota Wonosari sudah memasuki tahap finalisasi detail engineering design (ded) ada dua konsep pertama dari jalur Siyono menuju Alun-alun Wonosari akan dibuat dua lajur dengan pembatas di tengahnya,” ucapnya, Selasa (26/2/2019).

Ia melanjutkan untuk mempercantik tampilan jalan di tengah-tengah pembatas tersebut ditanami pohon perindang.

“Untuk tanamannya memang dipilih yang mempunyai akar masuk kedalam tanah tidak yang menyebar agar jalan tidak rusak oleh akar pohon,” ucapnya.

Sedangkan pilihan kedua adalah dibuat satu jalur seperti yang berada di Pasar Argosari, menurutnya kedua pilihan tersebut masih dalam kajian sambil menunggu finaliasai penataan jalan di Kota Wonosari.

Menurutnya hal tersebut sebenarnya sudah jadi namun ada usulan untuk pembuatan kantong-kantong parkir maka DED perlu disempurnakan kembali.

“Kita akan selesaikan DED-nya untuk masalah anggaran kita sesuaikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajat Ruswandono, membenarkan adanya rencana penataan Kota Wonosari.
Hal tersebut tak lepas dari rencana pemerintah daerah yang akan membangun kawasan perkantoran pemkab Gunungkidul. Ia melanjutkan gedung-gedung bekas OPD nantinya akan menjadi aset pemkab.

“Nantinya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang gedungnya di pinggir jalan akan dipindah tersentra di kantor terpadu Siraman,” tutupnya. (Bayu)

Related Post