Jaring Atlet Berprestasi, Percasi Gelar Turnamen Catur se-Gunungkidul

203 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Gunungkidul menggelar turnamen catur di Aula KPRI Bangun, Kecamatan Wonosari,Rabu,(01/5/2019).

Turnamen catur digelar untuk menjaring para atlet catur untuk menjadi peserta Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar) Gunungkidul.

Ketua Percasi Kebupaten Gunungkidul, Bambang Sutrisno mengatakan, turnamen diikuti 31 pemain putra dan 21 putri. Permainan dengan menggunakan sistem swiss 7 babak catur cepat 15 menit.

“Semua pecatur wajib menyelesaikan 7 kali permainan dengan waktu pikir masing-masing pemain 15 menit,”jelasnya.

Bambang menyampaikan,melalui turnamen ini akan diambil delapan atlet putra putri terbaik yang akan mendapat pelatihan di sekolah catur Percasi selama satu tahun mulai Juli tahun 2019.

“Kedelepan pemain tersebut selama satu tahun akan mendapat pelatihan catur dengan biaya dari APBD lewat Dinas Dikpora bidang PO,” kata Bambang.

Kedepan,diharapkan didikan PPLPD Gunungkidul dapat mendongkrak perolehan medali di Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) tahun depan.

“Tahun ini catur baru dapat mempersembahkan 2 medali perak, tahun depan kami targetkan 4 medali emas cabor catur untuk Gunungkidul,”ucapnya.

Dari turnamen yang telah digelar,telah didapat 8 atlet terbaik diantaranya, untuk kategori putra ada Restu Dzikri Arriski, Reihan Daffa Asmian, Zulfatah Ahmad Khoiruddin dan Zora Kumara Alvin Hadyantri.

Sedangkan untuk kategori putri diantaranya, Anggita Sekar Ayu, Musyafa Rifaat, Indah Gita Cahyani dan Naya Sekar Arum.

“Selama pelatihan, diharapkan orang tua berperan aktif pendampingi putra putrinya baik saat latihan utamanya maupun saat ujicoba diturnamen luar daerah,”tutupnya. (Santi)

Related Post