Jelang Idul Fitri, Pemkab Gelar Rakor Lintas Sektoral

253 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mendekati perayaan Idul Fitri 1439 H, Operasi Ketupat Progo 2018 mulai digelar. Hal itu sebagai tujuan untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman, dan kondusif.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh Pejabat Pemkab, Jajaran Kepolisian, dan TNI tersebut berlangsung di Ruang Rapat Setda Gunungkidul, Rabu, (30/5/2018).

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, rapat koordinasi lintas sektoral ini bertujuan untuk pengamanan hari raya Idul Fitri 1439 H, di wilayah Gunungkidul yang aman kondusif, lancar nyaman.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka persiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1439H,” ucap Badingah kepada wartawan.

Menurut Badingah, potensi wisata alamnya saat ini sangat maju pesat, tidak menutup kemungkinan akan dibanjiri oleh para pengunjung wisata saat libur lebaran mendatang. Selain itu Gunungkidul juga merupakan tujuan perantau pulang kampung bersilaturahmi dengan sanak keluarga merupakan suatu tradisi tahunan.

“Sehingga perlu adanya pengamanan yang ketat dan kami harapkan selama musim liburan nanti semuanya akan lancara dan kondusif,” paparnya.

Badingah menambahkan, adanya kerjasama yang baik ini, tentunya sangat mendukung program pembangunan yang ada di Gunungkidul.

Menyinggung pariwisata, Bupati meminta jangan adanya pemandu yg nakal yg bisa mencoreng citra Gunungkidul.

“Untuk penerangan jalan dan rambu lalu lintas diharapkan mana yg perlu ada tambahan segera dilakukan,” imbuh Badingah.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady mengatakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral sangat penting sekali karena rapat ini untuk menyamakan persepsi langkah pengamanan dalam hari raya Idul Fitri 1439 H.

Kapolres menambahkan tujuan Operasi Ketupat Progo 2018, yang rencananya selama 18 hari dari tanggal 8 sd 25 Juni 2018 adalah pengamanan orang dalam arti para pemudik pengemudi/pengendara, pengunjung wisata, aktifitas warga menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H dan barang warga.

“Keselamatan pengendara baik roda dua maupun empat yang kami waspadai. Kami akan selalu memberikan himbauan mulai dari Kecamatan Patuk khusus bagi para pengendara terus kami pantau disejumlah titik kerawanan kecelakaan untuk lebih waspada dan berhati-hati,” paparnya.

Kapolres Gunungkidul menghimbau kepada warga masyarakat Gunungkidul yang rumahnya akan ditinggal mudik, barang berharga bisa dititipkan di Polsek atau Koramil setempat demi untuk menjaga keamanan barang berharga warga masyarakat dari gangguan kamtibmas.

“Selain kondisi arus lalu lintas yang menjadi sorotan utama kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada akan keamanan lingkungan jika akan ditinggal mudik kami siap menerima barang titipan warga,” pungkas AKBP Ahmad Fuady. (Santi)

 

Related Post