Jelang Pemilu, Sebanyak 3.048 Warga Gunungkidul Belum Rekam E-KTP

206 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Satu bulan jelang pemilihan umum (2019) masih ada sebanyak 3.048 masyarakat kabupaten Gunungkidul yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP).

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul, Arisandi Purba mengatakan jumlah tersebut mencakup siswa yang telah berumur 17 tahun, hingga masyarakat difabel dan lanjut usia.

Pihaknya terus melakukan perekaman E-KTP seperti dengan program Disdukcapil goes to school.

Dalam melakukan perekaman tersebut Disdukcapil mengalami beberapa kendala.

“Khususnya kendala ditenui saat kami masuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ada beberapa siswa yang masih melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Sehingga saat kita datang yang bersangkutan tidak bisa ikut dalam perekaman,” Ucapnya, Selasa (12/3/2019).

Ia mengakui masih belum bisa mengcover seara keseluruhan lantaran banyak penduduk yang masih belum bisa melakukan perekaman secara mandiri seperti penduduk yang telah memasuki usia jompo dan penduduk difabel.

“Untuk itu kami melakukan jemput bola ke rumah-rumah penduduk yang tidak bisa melakukan perekaman secara mandiri,” katanya.

Arisandi menuturkan bahwa pihaknya juga disulitkan dengan banyaknya masyrakat yang merantau di luar daerah Gunungkidul sehingga menyulitkan pihaknya untuk melakuakn perekaman.

“Data kami memang ada sebanyak 3048 orang yang belum melakukan perekaman namun fakta di lapangan kurang dari 3048 , karena banyak masyarakat yang merantau keluar Gunungkidul,” tutupnya. (Bayu)

 

Related Post