Jelang UNBK SMP, Server Tersendat Dan Operator Kebingungan

312 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP di Gunungkidul tinggal selangkah. Berbagai upaya termasuk Sinkronisasi Server UNBK pun telah dilakukan.

Namun persiapan pun sempat terkendala mati listrik dan fitur baru yang membingungkan proktor. Beruntung hal tersebut bisa segera teratasi.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Kisworo mengatakan, dua sekolah yakni MTS saptosari dan SMP 1 Panggang sempat mati listrik, sehingga sinkronisasi server terganggu.

“Dua sekolah sempat mati listrik saat pelaksanaan sinkronisasi sehingga sempat terganggu,” katanya kepada wartawan, Minggu (22/4/2018).

Menurut Kisworo, kendala lain yang dihadapi adalah adanya fitur baru yang membuat proktor dalam melaksankan tugasnya belum mengatur sesuai petunjuk sehingga membingungkan bagi para operator.

“Rata-rata masalah fitur baru, settingnya proktor ada yang terlewat. Tapi teratasi sama helpdesk,” papar Kisworo.

Pihaknya menambahkan, dalam pelaksanaan UNBK SMP terdapat fitur baru yakni menu transfer respon yang pengaturannya harus disimpan di flashdisk. Hal itu fungsinya adalah untuk memback up jawaban siswa jika terjadi masalah.

Sementara itu terkait dengan kesiapan server oleh sekolah, Kisworo mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan surat pengantar untuk sekolah supaya bisa meminjam server ke SMA/SMK.

“Ya sebagian operator bingung mengaturnya saja. Dan kami mengklaim pelaksanaan UNBK SMP se-Gunungkidul telah siap,” tutup Kisworo. (Bayu Prihartanto)

Related Post