Jenderal Bintang Satu Tinjau Langsung Progres Kegiatan TMMD

207 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-105 Kodim 0730/Gunungkidul di Desa Banaran, Kecamatan Playen mendapatkan peninjauan dari Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa S.E., M.M Jumat,(19/7/2019).

Rangkaian peninjauan Kasdam diawali dengan menerima paparan pelaksanaan program TMMD Reguler ke-105. Pada kesempatan itu Kasdam mengingatkan kepada Dansatgas agar apa yang menjadi kesepakatan bersama antara pihak Kodim dengan Pemkab Gunungkidul terkait program dan sasaran TMMD, itulah yang harus dituntaskan.

“Hari ini tujuan kami disini adalah untuk melihat langsung progres kegiatan TMMD yang sudah dijalankan antara TNI dengan masyarakat” terangnya.

Brigjen TNI Teguh menyampaikan,setelah adanya pembangunan melalui TMMD ini semoga nantinya benar-benar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat.

“Jaga dan pelihara sebaik-baiknya apa yang sudah dibangun bersama-bersama ini sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama,” pesannya.

Kasdam menyebutkan,selain fokus pada sasaran fisik TMMD juga menyasar non fisik seperti kegiatan penyuluhan-penyuluhan dan pemberian wawasan kebangsaan maupun bela negara kepada masyarakat.

“Perlu sekali diberikan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada masyarakat supaya mereka tidak elergi mendengar istilah bela negara,” kata Teguh.

Kasdam mengatakan, bela negara adalah kewajiban seluruh masyarakat sebagai warga Indonesia dan tidak hanya TNI. Apalah arti TNI tanpa bantuan masyarakat, untuk itu kerjasama antara masyarakat dan TNI harus selalu dijalin.

“Dari pengamatan hari ini,kegiatan TMMD di Desa Banaran ini progresnya sudah sangat baik. Meski ada beberapa lokasi yang belum selesai,semoga disisa waktu yang ada semua bisa diselesai tepat waktu,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Banaran, Suminto menyampaikan,dengan adanya TMMD ini kini sebagian masyarakat Desa Banaran yang dulu berada di wilayah terisolir kini sudah tidak lagi.

“Jalan penghubung antar dusun yang dulunya sempit, rusak kini sudah bagus sehingga akses jalan makin mudah,” ujarnya.

Suminto mengatakan,meski sasaran fisik TMMD ini dipusatkan hanya disebagian wilayah di Desa Banaran,namun untuk pengerjaan dilakukan seluruh masyarakat di Desa Banaran.

“Seluruh masyarakat kami gerakan semua, karena kami merasa ini adalah untuk kepentingan bersama, kepentingan masyarakat Desa Banaran,”tutupnya. (Santi)

Related Post