Jumlah Pencari Kerja Setingkat SMK Masih Tinggi

283 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jumlah pencari kerja tingkat SMK di Gunungkidul masih tergolong tinggi.

Sehingga dunia kerja setingkat SMK perlu mendapatkan perhatian kbusus.

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Disnakertrans Gunungkidul, Munawir Askin, mengtakan saat ini masih banyak lulusan SMK yang mencari pekerjaan. Alhasil ada indikasi tingkat pengangguran bagi SMK tergolong tinggi.

Padahal sistem pembelajaran di SMK lanjut Munawir menghubungkan sistem pendidikan dengan kebutuhan industri. Selain itu imbuh Munawir, lowongan pekerjaan sebenarnya melimpah.

“Asal mau cari tahu saja. Karena kita berusaha untuk mengurangi pengangguran,” jelasnya, Rabu (23/5/2018).

Adapun data jumlah pemohon kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Gunungkidul pada 2017 lalu menunjukkan jumlah pencari kerja untuk lulusan SMK sebanyak 969 orang.

Sementara untuk lulusan SMA dan Diploma masing-masing berjumlah 459 dan 240 orang.

Adapun dari total jumlah tersebut 873 orang yang di antaranya sudah mendapat pekerjaan.

Munawir mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan setiap SMK negeri maupun swasta dalam rekrutmen tenaga kerja.

“Tujuannya untuk dipekerjakan di perusahaan atas kerjasama sekolah dengan perusahaan yang dimaksud,” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Wonosari Tsulistianta Subhan Aziz mengatakan selain bekerjasama dengan Disnakertrans Gunungkidul untuk sosialisasi ihwal pekerjaan, pihaknya juga terus perbaiki kualitas baik untuk pengajar maupun siswanya.

Aziz menuturkan upaya itu sebagai bentuk revitalisasi SMK agar tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan siap kerja.

“Secara teknis kami magangkan merek [guru dan siswa] sesuai dengan jurusan masing-masing. Sehingga nantinya guru pun juga makin paham lingkungan industri untuk anak didiknya di masa depan,” bebernya. (Bayu Prihartanto)

Related Post