Kader PDI Pejuangan Gunungkidul Bukan Celeng, Tapi Banteng Sejati

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Hiruk pikuk menjelang Pemilihan Presiden 2024 mendatang, internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan digoyang kabar kurang sedap.

Hal ini muncul setelah sejumlah internal partai mendeklarasikan diri untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Padahal terkait dengan pencapresan, sudah ada instruksi dari partai yang tertuang Surat No.3134/IN/DPP/VIII/2021 tenang Penegasan Komunikasi Politik yang dikeluarkan tertanggal 11 Agustus 2021.

Suasana pun makin memanas setelah Ketua DPD PDIP Jateng Bambang ‘Pacul’ Wuryanto memberi julukan Celeng bagi pengurus dan oknum PDIP yang mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024.

Padahal seperti diketuai bahwa Megawati Soekarno Putri belum memutuskan siapa nanti kadernya yang akan dicapreskan pada Pilpres 2024 mendatang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih memastikan bahwa PDIP Gunungkidul akan tegak lurus dengan perintah partai. Artinya tidak akan ada deklarasi apapun sebelum Ketua Umum, Megawati Soekarno Putri mengumumkan keputusan.

“Kader PDI Perjuangan Gunungkidul adalah banteng sejati dan bukan celeng. Jadi banteng akan terus tegal lurus ikut dalam barisan dan mamtuhi DPP,” kata Endah kepada wartawan, Sabtu (16/10/2021).

Menurut Endah, dukung mendukung dalam pencalonan merupakan hal yang biasa. Meski demikian, ada mekanisme yang harus dilalui karena pengusulan hanya bisa dilakukan melalui rakercab atau rapat kerja daerah melalui rekomendasi resmi.

“Ada mekanisme partai yang harus dipatuhi. Bentuk dukungan atau pengusulan harus melalui rapat kerja daerah atau rakercab. Jadi, kalau deklarasi itu bukan sikap resmi karena tidak melalui prosedur yang ada,” paparnya.

Disinggung mengenai rakrecab di Gunungkidul, Endah mengakui pelaksanaan dilakukan setiap satu tahun sekali. Hanya saja, untuk sekarang tidak ada agenda karena baru dilaksanakan di tahun depan.

“Dalam rakercab atau rapat kerja daerah boleh mengusulkan siapa calon yang diusung, tapi keputusan tetinggi tetap di Ketua Umum dan seluruh kader harus mematuhinya,” tandasnya.

Disampaikan Endah, pihaknya juga meminta kepada seluruh kader untuk sabar menunggu keputusan DPP tersebut. Disebutnya bahwa Pilpres 2024 masih sangat lama dan apapun bisa terjadi.

Sembari menunggu keputusan resmi dari partai, pada kader dan simpatisan PDIP di daerah diminta untuk fokus dalam membantu pemerintah dalam menangani covid19 maupun dampak sosial yang terjadi. Menurut Endah, seperti inilah yang merupakan ciri-ciri banteng sejati, yaitu fokus kepada karya nyata kepada rakyat.

“Tidak usah ikut hiruk pikuk di tataran pusat, kita berkarya untuk rakyat saja dulu. Yang jelas PDIP Gunungkidul segaris dengan keputusan DPP,” pungkasnya. (Byu)

  • Share
Exit mobile version