Kampus Vokasi UNY Mulai Dibangun, Warga Gunungkidul Jadi Prioritas

627 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi memulai pembangunan gedung kampus di Kepuh, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul.

Peresmian dilakukan dengan peletakan batu pertama pada Jumat (21/02/2020).

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan keberadaan kampus di Gunungkidul ini sebagai upaya pemerataan pendidikan perguruan tinggi di seluruh wilayah DIY.

“Pembangunan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, dimulai dalam gelaran Groundbreaking yang berlangsung pagi ini,” kata Sutrisna, Jum’at (21/02).

Menurut Sutrisna Wibawa, dengan dibangunnya perguruan tinggi negeri itu diharapkan nantinya warga mengakses pendidikan dan berdampak untuk menghidupkan roda perekonomian di sekitar lokasi kampus. Sekaligus, menjadikan Gunungkidul “magnet” investasi di berbagai bidang karena keunggulan Sumber Daya Manusianya.

“Sesuai visi kami bahwa UNY harus ikut berperan serta dalam pembangunan di wilayah, maka pembangunan ini kami lakukan,” ucap Sutrisna.

Hal inilah yang mendorong Sutrisna bersama Badingah selaku Bupati Gunungkidul, senantiasa memperjuangkan kehadiran lokal kampus baru UNY di Gunungkidul. Dengan kehadiran kampus, maka masyarakat dapat memperoleh ilmu yang lebih baik. Akhirnya, nasib Gunungkidul juga diharapkan dapat berubah. Dari daerah yang banyak memiliki tantangan ekonomi, menjadi segudang potensi.

“Nantinya lulusan SMA/SMK dari Gunungkidul akan diprioritaskan untuk diterima di kampus untuk Program Studi (Prodi) Vokasi,” paparnya.

Sutrisna menambahkan, Vokasi pun dipilih lantaran model pendidikan yang berbasis pada praktek lapangan ini memberi peluang kerja yang lebih besar pada lulusannya.

“Kami prioritaskan nantinya 50 persen mahasiswa di sini merupakan warga Gunungkidul,” jelas Sutrisna.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah melihat ada peluang secara ekonomi bagi warga sekitar lingkungan kampus baru nantinya.

“Tidak hanya membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Gunungkidul, kehadiran kampus UNY nantinya juga akan memberi peluang usaha yang prospektif bagi warga sekitar,” imbuh Badingah. (Red)

Related Post