Kapal Terbalik Dua ABK Dikabarkan Selamat

241 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Satu kapal nelayan terbalik dihantam gelombang di Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari.

Dua anak buah kapal (ABK) dilaporkan selamat, meski harus berjuang melawan ganasnya ombak pantai selatan.

Peristiwa kecalakan laut yang menimpa nelayan itu terjadi Jumat (30/8) sekitar pukul 20.00WIB. Saat itu dua abk hendak menarik jaring ikan, tiba-tiba kapal dihantam ombak dari sebelah selatan hingga mengakibatkan terbalik.

Ketua SAR Satlinmas Wilayah II, Sumarjono mengaku terbaliknya kapal milik nelayan lantaran dihantam gelombang tinggi. Beruntung dua abk mampu menyelamatkan diri berenang menepi. Mengetahui kejadian itu, petugas SAR langsung mengevakuasi korban.

“Kami mendengar teriakan minta tolong langsung bergegas mendekat ke lokasi pantai. Dan ternyata dua abk sudah berenang menepi dengan kondisi lemas,” katanya.

Sementara itu, Sekertaris SAR Satinmas Will II, Surisdiyanto menuturkan
Dua nelayan korban keganasan laut selatan itu masing-masing bernama Sugino (42), warga Kemadang Kulon, Tanjungsari dan Aji (30), asal Sumuran, Desa Kemadang.

Saat dievakuasi, kondisi korban mengalami shock dan lemas. Sehingga harus dievakuasi ke Pos SAR. Setelah mendapatkan penanganan dari petugas, kini kondisi korban berangsur membaik.

“Semua sudah pulih dan telah kami kembalikan ke pihak keluarga untuk beristirahat terlebih dahulu. Kami selalu menghimbau kepada semua nelayan untuk waspada terhadap datangnya ombak tinggi secara mendadak,” imbuhnya.

Atas kejadian itu, kapal beserta mesin dan alat tangkap mengalami rusak parah. (Bayu)

Related Post