Kejaksaan Dinilai Tebang Pilih

677 views
 




​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kuasa Hukum terpidana mantan anggota DPRD Gunungkidul Periode 2004-2009 menilai pihak kejaksaan tebang pilih dalam mengusut tuntas kasus yang menjerat kliennya. 
Padahal rekomendasi dari Pengadilan tipikor mengatakan untuk mengusut anggota dewan yang lain dan eksekutif. 
“Bapak-bapak ini membuktikan jika keadilan itu sulit didapatkan,” kata Kuasa Hukum Terpidana, Yusron Rusdiyono, Rabu (18/1/2017).

Menurutnya, pengadilan Tipikor sudah merekomendasikan untuk anggota dewan yang lain yang tersangkut juga dapat diperiksa. Pihaknya pun memohon kepada instansi kejaksaan jangan tinggal diam. “Kami selama ini meminta itu kepada kejaksaan namun disuruh menunggu terus sampai putusan inkrah, tapi nyatanya tidak ada. Kami terus melakukan upaya supaya kejaksaan memproses semua yang tersangkut,” ujarnya.

Alasan tersebut menurut dia sudah terjadi sejak putusan tahun 2013 lalu. Sampai beberapa kali ganti kejari namun tidak pernah dilakukan pemeriksaan tas rekomendasi tipikor tersebut. “Sampai saat ini kami menunggu,” tandasnya. 

Sementara menanggapi hal itu, kepala kejaksaan Negeri Gunungkidul M Fauzan menyampaikan, pihaknya masih menunggu eksekusi terpidana yang lainnya, sehingga akan mempelajari kasus ini lebih jauh. 
“Kajian amar putusan tipikor harus semua tuntas turun kasasinya akan kita kaji ulang,”katanya
Disinggung mengenai isu adanya dua berkas perkara yang hilang sehingga keputusan kasasi belum turun sampai saat ini, pihaknya sudah menyerahkan seluruh berkas ke pengadilan tipikor Yogyakarta.
“Kita melaksanakan sesuai dengan prosedur, kita tidak tahu kewenangan dari pengadilan,” ucapnya. (Bayu)

 

Related Post